Temukan Sampah Berserak di Medan Denai, DPRD Sesalkan Kinerja Kepling

Medan, bidikkasusnews.com - Sekretaris Fraksi PAN DPRD Medan Edi Saputra ST sangat menyayangkan kondisi sampah yang masih berserak di Jl Tangguk Bongkar X, Kelurahan Tegal Sari Mandala 2, Kecamatan Medan Denai. Pada hal penanganan sampah dan kebersihan sudah diserahkan sepenuhnya ke pihak Kecamatan.

"Kita sangat miris melihat sampah berserak disepanjang jalan itu. Sampah tidak diwadahi dan lambat diangkut. Kita sangat menyesalkan kinerja Kepling," ujar Edi Saputra, Kamis pagi (2/12/2021) ketika menemukan sampah berserak di pinggir Jalan tersebut.

Menurut Edi Saputra, kondisi demikian karena peran Kepala Lingkungan (Kepling) yang lemah dan tidak peduli. Sehingga sampah dibiarkan berserak begitu saja. "Seharusnya Kepling berperan bagaimana cara mengatasi sampah yakni berupaya mewadahi sampah sebelum diangkut ke TPA," sebut Edi Saputra.

Ditambahkannya, kejadian serupa banyak didapati di Medan, dimana para Kepling kurang peduli kebersihan dan tidak tahu kondisi lingkungannya. Sebab kata Edi, karena masih ada Kepling yang tidak berdomisili di lingkungan Dia menjabat.

Bukan itu saja tambah Edi lagi, seorang Kepling tidak punya kemampuan untuk pemimpin. Hal itu dikarenakan pengangkatan Kepling yang salah rekrutmen oleh Lurah dan Camat hanya karena hubungan keluarga dan terjadi nepotisme. "Ini yang perlu dicermati oleh Camat. Seharusnya pengangkatan Kepling agar benar benar sesuai kemampuan kualitas kerjanya," ujar anggota Komisi I DPRD Medan ini.

Disampaikan Edi lagi, saat pembahasan R APBD Pemko Medan TA 2022 kemaren, Dianya sudah menyampaikan bahwa anggaran yang dibuat oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan masih hanya sebatas orientasi fisik. Sedangkan mengatasi masalah sampah dari sisi nonfisik tidak tergambar di anggaran.

Pada kesempatan itu Edi sudah menyarankan agar Dinas membuat program dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Edi menyarankan dapat membuat brosur atau spanduk himbauan melalui tokoh masyarakat atau tokoh agama tidak membuang sampah sembarangan. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami