DPRD Medan Usulkan Nama Pahlawan Muhammad Hasan Gantikan Nama Jalan Pasar III

Medan, bidikkasusnews,com - Anggota DPRD Medan Edwin Sugesti Nasution mendukung penuh usulan penabalan sejumlah nama Pahlawan menjadi nama jalan di Kota Medan. Penabalan itu dinilai bagian dari penghormatan kepada jasa Pahlawan terdahulu yang telah berkontribusi berjuang dalam hal kemerdekaan.

Hal itu disampaikan Edwin Sugesti Nasution kepada wartawan, Selasa (8/2/2022) menyikapi sejumlah nama pahlawan nyaris tidak terdengar pada hal banyak berkontribusi soal perjuangan bangsa ini.

"Dengan penabalan nama jalan pasti akan dapat dikenang generasi kita berikutnya," sebut Edwin yang saat ini di komisi IV DPRD Medan membidangi pembangunan.

Edwin menambahkan, nama pahlawan Teuku Muhammad Hasan saat ini jarang disebut orang apalagi mengenang jasa jasanya. Untuk itu kata Edwin, nama Sutan Muhammad Amin Nasution diusulkan menggantikan nama Jalan Pasar III Kecamatan Medan Perjuangan.

Diterangkan Edwin, nama Jalan Pasar III kurang begitu terkenal dibanding nama Teuku Muhammad Hasan sebagai pahlawan bangsa. "Maka sangat tepat nama Teuku Muhammad Hasan ditambalkan menggantikan nama Jalan Pasar III," tambah Edwin asal politisi PAN itu.

Diketahui, jasa Teuku Muhammad Hasan cukup dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Beliau lah yang ditugaskan Presiden Soekarno untuk membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan yang baru bisa dilaksanakan pada 6 Oktober 1945 di Lapangan Merdeka Medan.

Kendati dibawah tekanan Belanda dan sekutu yang sudah masuk ke Kota Medan Proklamasi dapat terus dikumandangkan. Lapangan Merdeka Medan sebagai saksi tapak proklamasi kemerdekaan RI.

Bahkan, Teuku Muhammad Hasan pernah dipercaya oleh Presiden Soekarno menjadi Menteri dan peletak dasar pemerintahan di Provinsi Sumatera.

Maka itu, Edwin Sugesti menyampaikan dukungannya terhadap gerakan pengurus Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Sumut yang mengajukan nama Pahlawan Nasional Mr Teuku Muhammad Hasan dan Mr Sutan Muhammad Amin Nasution dijadikan nama jalan di Kota Medan. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami