Tuntut Janji, Ratusan Warga Kembali Datangi Kantor Kepala Desa Simangalam


“Panitia Pemilihan Kepala Desa Mengundurkan Diri “

Labuhanbatu Utara, BidikkasusNews.Com -  Ratusan Warga kembali datangi kantor Kepala desa Simangalam Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Senin,25/04/2022). Kedatangan mereka menuntut kembali janji panitia pemilihan Kepala desa Simangalam beberapa waktu (Senin,18/04/2022) terkait seleksi penerimaan calon kepala desa yang baru.

Kedatangan Ratusan warga masyarakat tersebut dengan membawa spanduk dan poster. Menurut informasi warga meminta panitia pilkades bersikap netral pada tahapan verifikasi, terkait Tujuh dari Delapan orang yang mendaftar pilkades, adalah saudara dan kerabat dekat dari calon petahana yang terkesan menopoli proses verifikasi calon Kepala desa.

Meskipun tidak melanggar aturan namun warga menolak Perda dan Perbup pilkades tahun 2022, yang  yang terkesan tidak berpihak pada kepentingan warga.

Salah seorang koordinator aksi Juliadi mengatakan , saat ini mereka menuntut janji panitia agar pelaksanaan verifikasi calon Kepala desa dapat dilakukan secara bijak sesuai aturan dan usulan dari warga.



“ Kami menyampaikan aspirasi masyarakat tentang pemilihan Kepala desa yang mana panitia berjanji waktu itu bahwasanya kumpulan dari pada pendukung – pendukung masyarakat dapat mempengaruhi keputusan dalam verifikasi “.

Sementara itu karena tidak mampu mengambil sikap dalam menjalankan Perda, Perbup dengan tuntutan warga desa terkait aturan verifaikasi penyaringan calon Kepala desa, Ketua Panitia pilkades Simon Manik menyatakan mengundurkan diri. Hal itu menurutnya demi untuk menjaga keamanan dan ketentraman desa mereka.

“ Masyarakat meminta untuk keadilan dan untuk menyuarakan hati rakyat, sedangkan kami sebagai panitia sudah diberikan bahwa kita tetap pada Perbub dan Perda”.

“ Nah ketika kita gabungkan  antara permintaan masyarakat dengan Perbub cukup sulit untuk memberikan jawaban untuk menentukan calon ini, sehingga daripada ada kegaduhan di desa ini dan kami menjaga ketentraman antara kami, karena semuanya adalah teman-teman juga, sehingga kami mengambil sikap untuk mengundurkan diri ”.

“ Saya pribadi sebagai Ketua panitia mengundurkan diri dari kepanitiaan pemilihan Kades desa Simangalam ini ”.

Lebih lanjut Ia katakan setelah Ia mengundurkan diri, seluruh anggota panitia juga akan ikut juga mengambil sikap, karena mereka juga tidak mampu untuk masalah ini. Hal tersebut merupakan keputusan diri pribadi secara pribadi dan tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Kesempatan yang sama Ketua BPD desa Simangalam Syahdan Siagian menjelaskan setelah mundurnya seluruh anggota panitia pilkades pihaknya secepatnya akan melakukan rapat desa untuk membentuk panitia baru dan selanjutnya berkoordinasidengan Dinas PMD Labuhanbatu Utara.

“ Kita akan mengadakan musyawarah dengan masyarakat dengan mengundang masyarakat agar terbentuk kembali kepanitiaan Pilkades “. 

(Arie)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami