Dewan Apresiasi Walikota Medan Kolaborasi Antar Daerah Penyediaan Komoditi Pangan

Medan, bidikkasusnews.com - Ketua Komisi IV DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST apresiasi Pemko Medan melakukan kerjasama dengan Pemkab Dairi terkait upaya pengendalian inflasi pernyediaan komoditi cabai di Kota Medan. Kolaborasi yang sama diharapkan dapat ditingkatkan dengan Pemkab dan komoditi lainnya.

“Selama ini harga cabai di Medan tidak stabil dan sering melonjak tinggi. Membuat konsumen resah. Kita harapkan dengan kerjasama ini ke depan dapat teratasi,” ujar Haris Kelana Damanik ST (foto) kepada wartawan, Sabtu (8/10/2022).

Disampaikan Haris, kolaborasi yang dilakukan Walikota Medan M Bobby Afif Nasution dengan Pemkab Dairi patut didukung. Sehingga pengendalian harga cabai di Medan tetap stabil. “Kolaborasi itu kita harapkan juga terlaksana dengan Pemkab lain untuk penyediaan komoditi bahan pokok lainnya,” sebut Haris.

Dikatakan Haris, Pemko Medan melalui PUD Pasar Kota Medan kiranya lebih peduli untuk mengantisi inflasi pasar. Untuk itu, ketersediaan sembilan bahan pokok di pasar dapat terus terjaga. “Tentu, kerjasama dengan daerah lain penghasil komoditi bahan pokok lainnya supaya dijajaki. Ini langkah bagus yang harus ditingkatkan,” tandas Haris.

Diketahui, setelah Pemkab Batubara, Pemko Medan juga menjajaki kesepakatan kerjasama dengan Pemkab Dairi guna menindaklanjuti instruksi Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam upaya penyediaan bahan pokok untuk pengendalian inflasi. Sebab, Dairi merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara sebagai penghasil komoditi cabai.

Dari penjajakan yang dilakukan, Pemko Medan dan Pemkab Dairi telah mencapai kesepahaman mengenai draft kesepakatan kerja sama antar-daerah di Kantor Pemkab Dairi, Jumat (30/9/2022). Dengan tercapainya kesepahaman ini, akan ditindaklanjuti dengan Kerjasama Antar Daerah (KAD). Selain memenuhi kebutuhan cabai bagi warga Kota Medan, KAD yang dilakukan juga membawa keberkahan bagi para petani.

Adapun draft perjanjian kerja sama antara PUD Pasar Kota Medan dengan Koperasi Cimata Makmur Kabupaten Dairi juga telah rampung disepakati. Dalam kesepahaman itu bisa berlanjut dan dapat mensejahterakan petani. Dikesempatan yang sama, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno juga berharap agar kerja sama ini nantinya dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Hasil pertanian di Dairi, terutama cabai mampu memenuhi ketersediaan pangan bagi masyarakat Medan. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami