Banjir di Dusun XIV Desa Pekan Tanjung Beringin Lamban Surut Diduga Akibat gorong-Gorong dan Saluran Air Tumpat

Tg Beringin, Bidikkasusnews.com - Musibah banjir di Kabupaten Serdang Bedagai melanda saat ini  ribuan rumah terendam sebagian warga menginap di posko pengunsian.

Namun beberapa lokasi terendam banjir tidak ada merasakan surutnya air bahkan bertambah yg di sebabkan hujan deras dan  air dari hulu terus mengalir ke kecamatan tanjung beringin  .namun sangat disayangkan lambatnya surut  debit air diduga akibat banyak gorong- gorong dan saluran air  tumpat, seperti hal nya di ibukota bedagai persis di belakang kios Bumdes di jalan pahlawan Desa Pekan kecamatan Tanjung Beringin.Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai)  saluran dinilai rata dengan tanah .sedangkan pada saluran air di dusun XV  sepanjang saluran hingga perbatasan Desa pematang Cermai juga terlihat banyak yang  yang tumpat yang mengakibatkan debit air rata- rata jauh di bawah permukaan genangan  air pasang. Sehingga lokasi pada titik dataran terkena banjir air tidak dapat mengalir , selain itu sebelumnya diketahui pada Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada diDusun XV  degan  lebar berkisar 4 hinga 5 meter berdiri sebuah bangunan gedung permanen sehingga DAS tersebut menjadi kecil dan air mengalir lambat. tidak diketahui pasti siapa yang harus bertanggung jawab tentang hal itu.akibat banjir hampir seluruh aktivitas warga putus total.

Saat dikonfirmasi kades tanjung beringin melalu seluler jumat 25/11 tentang hal itu dan mengajak langsung ke lokasi mengatakan tungg la dulu. 

Kepala dusun XIV saat dirangkul untuk turun bersama ke lokasi yang dinilai tumpat  mengatakan nnti aja bang .krn masih sibuk untuk bantuan banjir ungkap kadus.

Sedangkan camat tanjung beringin Elmiati S.Ap. ketika dikinfirmasi melalui WhatsApp dengan waktu yang sama  tentang hal itu mengucapkan Ok pak , terima kasih infonya , musibah banjir ini menyeluruh, akan menjadi perhatian untuk  digotong royongkan, dan dimohon kepada bapak  sebagai tokoh masyarakat  untuk membantu juga menyampaikan ke warga utk bergotong royong ungkap camat.

Menanggapi hal itu salah seorang warga yang diketahui sebagai ketua Lsm NGO - PMBDS Sergai Aswad Sirait ketika dikonfirmasi , sangat menyayangkan kinerja dari aparat Desa yang sebelumnya telah menghubungi Ketua LKMD Pekan Tanjung Beringin dan mengajak untuk melakukan pengecekan ke lokasi yang tumpat. namun tidak bisa datang. dan diduga sibuk bagi bagi bantuan .diduga perangkat  desa tersebut diduga kuat sebagai TS pada pemilihan sebelumnya ungkap Aswad.

(B.Dewanto) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami