Penggunaan Stola Ulos Saat Bertugas, Ketua Dewan Kesenian Samosir Berikan Apresiasi Pada Polres Samosir, "Mereka Junjung Tinggi Marwah Kebudayaan"


Samosir, bidikkasusnews. Com - Ketua Dewan Kesenian Samosir (DKS), Charles Malau mengapresiasi Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon beserta jajarannya atas penggunaan Ulos dalam menjalankan tugas.

Hal ini disampaikan Charles Malau kepada awak media, saat ditemui di Studio miliknya di Pangururan hari ini Selasa, 22-11-2022.

“Dalam beberapa kesempatan saya melihat Bapak Kapolres selalu mengenakan Ulos dan Stola motif daerah, tentu pemandangan itu sangat unik dan menarik perhatian kami,” ujar Charles.

Menurutnya, sebagai Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Samosir, dirinya sangat mengapresiasi hal yang membanggakan tersebut.

“Menjaga kearifan lokal itu adalah tugas kita bersama, bangga dengan produk lokal itu harus,” sebutnya. 

Ia mengatakan bahwa AKBP Josua Tampubolon sebagai Kapolres Samosir telah melakukan dengan cara sederhana, “Tetapi pasti akan berdampak luar biasa pada sekitar,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, disamping indah dilihat secara estetik, penggunaan produk-produk lokal seperti ini juga pasti berdampak pada ekonomi masyarakat, “Khususnya kepada pengrajin ulos dan stola,” terangnya.

"Saya respect , mereka junjujg tinggi marwah kebudayaan kita, jangan sampai diklaim oleh bangsa lain, ini patut dicontoh menjaga kearifan budaya lokal". Tegasnya. 

Ia berharap, kedepannya hal-hal yang telah dilakukan oleh pihak Polres Samosir dibawah kepemimpinan AKBP Josua Tampubolon dalam penggunaan Ulos dan produk lokal lainnya, dapat menjadi contoh bagi instansi lain.

“Karena selain membanggakan, para pengerajin juga terkena dampak positifnya,” pungkasnya. 

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami