MASYARAKAT SE KABUPATEN SAMOSIR MENGANTARKAN BUPATINYA MENEMPATI RUMAH DINAS

 


Samosir, bidikkasusnews.com - Seluruh elemen Tokoh masyarakat mangundurhon(mengantar)Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom,dalam rangka Penempatan rumah Dinas Bupati Samosir (06/12/2022). 

Bupati Samosir terlebih dahulu diberkati,dan didoakan olehPastor sebelum memasuki Rumah Dinas. Selanjutnya acara dilakukan dengan adat batak ,dengan pelaksanaan Pemberian beras Sipirnitondi dari pihak keluarga yang layak berperan kepada Bupati Samosir, juga dari Utusan masyarakat serta Pengetahuan Kampung setempat.

Hal pemberian beras sipirni tondi adalah merupakan salah satu cara adat dan kebudayaan batak yang mengandung arti ,menguatkan roh dan jiwa ,agar tetap kuat dan mendapat kan kebahagiaan dalam menempati Rumah serta sukses mengemban Tugas. 

Adapun Pelaksanaan Penempatan Rumah Dinas melakukan ritual tersebut,adalah atas Permintaan Bupati sendiri .Demikian hal ini di sampaikan oleh Mengiring Naibaho selaku selaku Ketua Panitia.Hal tersebut diatas,adalah termasuk tindakan yang saling menghormati antara Pemerintah dengan masyarakat.


Selanjutnya Mengiring menyampaikan ,Biaya acara Penempatan Rumah Dinas bukan di bebankan anggaran Kabupaten/APBD. 

Bupati menyampaikan dalam sambutannya, Peradaban suku Batak,harus menghargai setiap tatanan adat.Turut hadir dalam acara ,Mantan Bupati Samosir,Menghindar Simbolon, Juang Sinaga, Risma Simarmata mantan DPRD Kab Samosir,Camat dari tiap kecamatan ,Kepala Desa,dan LSM ,Wartawan, Ormas serta SKPD Kabupaten Samosir.

(Asbon hutabalian)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami