Afif: Kaji Ulang Nilai Sewa Ruko Di Jalan Pandu

Medan, bidikkasusnews.com - Legislator Kota Medan, Afif Abdillah, minta kaji ulang nilai sewa rumah toko (ruko) aset Pemkot Medan di Jalan Pandu, Kecamatan Medan Kota.

Minta kaji ulang nilai sewa ruko Jalan Pandu itu disampaikan, Afif Abdillah, menjawab wartawan di Medan, Jumat (17/3/2023). Tujuannya, kata Afif, agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan lebih meningkat untuk keperluan pembangunan.

“Saat ini, Pemkot Medan terus berusaha menaikkan PAD. Contohnya, melalui Bapenda terus berupaya maksimalkan perolehan PBB dan pajak lainnya. Tetapi PUD Pasar kenapa tidak,” tanya Afif.

Ketua Komisi III itu mengaku, sangat menyayangkan bila kontribusi sewa sejumlah ruko di Jalan Pandu itu sangat minim. Sepatutnya, sebut Ketua Fraksi Partai NasDem itu, pendapatan sewa aset Pemkot bisa lebih di seriuskan.

Mengingat, sangat banyak aset Pemko saat ini di sewakan dengan nilai rendah. Padahal, kata Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan itu, potensi pendapatan dari sisi itu sangat besar.

Terkait hal ini, tambah Afif Abdillah, akan memanggil PUD Pasar serta Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Medan untuk rapat dengar pendapat. “Kita juga akan melakukan kunjungan ke lapangan untuk mendapatkan kepastian,” katanya.

Di ketahui, pihak manajemen PUD Pasar Kota Medan mengaku masih mengelola 57 unit ruko aset Pemkot Medan di Jalan Pandu, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota.

Kepala Pasar Sambas PUD Pasar Kota Medan, Ferry, kepada wartawan, Kamis (16/3/2023) menyampaikan jika pihaknya ada mengelola 57 unit ruko milik Pemkot Medan. Saat ini, ruko tersebut di sewakan kepada pihak ke tiga mayoritas tukang jahit.

Kontribusi sewa yang diterima, sebut Ferry, bervariasi dari Rp78.900 sampai dengan Rp361.600 setiap bulannya. Sedangkan retribusi kebersihan diterima Rp11.300 hingga Rp81.400 per bulan. “Total keseluruhan sekitar Rp14 juta per bulan,” sebutnya.

Ditanya kapan penetapan harga di atas di berlakukan, Ferry, mengaku lupa. “Pak, kalau yang ini saya lupa. Langsung aja ke humas,” katanya. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami