Ratusan Peserta Hadiri Bimtek Di Kantor DPD II Golkar Agara


Kutacane, bidikkasusnews.com - Ratusan orang dari berbagai Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani Pria (KTP) di Aceh Tenggara (Agara) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk ekspor produksi pertanian di Kantor Golkar setempat, Minggu (18/3) siang. 

Diketahui kegiatan Bimtek tersebut diprakarsai oleh anggota Komisi IV DPR-RI, H.M. Salim Fakhry, dalam bentuk kegiatan pokok pikir wakil rakyat yang membidangi ekpsor produksi pertanian.

Dalam sambutannya Ketua DPD II Partai Golkar Agara mengajak para petani dan pelaku usaha pertanian untuk lebih meningkatkan gerakan menanam komoditi pertanian yang mempunyai nilai jual ekspor, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup para petani.

“Salim Fakhry, akan selalu mendorong dan memfasilitasi para petani dengan cara mensupport bantuan alsintan dan mengadakan Bimtek pertanian seperti yang dilakukan hari ini dan sebelumnya, ujarnya.

Kepala Karantina Pertanian kelas 1 Banda Aceh, drh. Ibrahim mengatakan, kegiatan Bimtek sebagai dukungan kepada Kementerian Pertanian dalam memberikan bimbingan teknis dalam rangka pendampingan peningkatan kualitas dan kuantitas dan akselerasi produk-produk pertanian, sehingga harapannya produk pertanian yang dihasilkan para petani mempunyai nilai jual yang tinggi, serta memutus mata rantai ekspor hasil tani yang selama ini masih melalui pihak lain.

“Dengan Bimtek petani akan kita dorong agar bisa menjual hasil taninya langsung ke eksportir tidak lagi melalui pihak ke tiga, sehingga akan dicapai kesejahteraan hidup bagi para petani itu sendiri,” jelasnya.

Dia menjabarkan, mengingat di tengah liberasi dan globalisasi, perdagangan mempunyai banyak konsekuensi, maka perlu adanya kemitraan dalam hal pengelolaan manajemen, tak ubahnya seperti produk pertanian perlu adanya pendampingan dalam budi daya tanaman. "Seperti kacang hijau, jagung, buah kopi dan sebagainya," tutupnya.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami