A.K.Dt.Rajo Basa : “Saat Pemilihan Tidak Muncul Calon Baru Terpaksa Dilanjutkan Yang Lama”


Pengurus Itu ke Itu Saja Komite SMKN 1 Guntal Disorot 

Solok, Bidikkasusnews.com - Kepengurusan Komite Sekolah (KS) dari SMKN 1 Gunungtalang di Kabupaten Solok, sudah lama menjadi sorotan. Terutama sekali oleh kalangan wali siswa dan bahkan menjadi gunjingan sejumlah majelis guru dalam komunitas dunia pendidikan di Kabupaten Solok. Pasalnya, kepengurusan komite sekarang sudah terlalu lama periodeisasinya dan tidak pernah bertukar ganti, yang hanya dari itu ke itu saja. Malah tidak cukup sampai disitu saja, besar dugaan dalam penyelesaian administrasi hanya dikerjakan atau diselesaikan saja oleh seorang tenaga THL di lingkungan sekolah SMK N 1 tersebut.

 Dari informasi yang diperdapat, bahwa yang menjadi Ketua Komite A.K.Dt.Rajo Basa dan bendahara Yurnida, namun yang menyelesaikan administrasi hingga berbagai tetek bengek SPJ komite dikerjakan oleh Jibril yang juga THL (SMKN 1) sekaligus merangkap sebagai bendahara pembantu. Yurnida selaku bendahara komite membenarkan, bahwa setiap kegiatan yang dilakukan Jibril ada disampaikan kepadanya. 

 Sementara pengakuan A.K.Dt.Rajo Basa, pada saat diadakan rapat pemilihan, pengurus yang baru tidak muncul ada calon baru, sehingga nama yang lama dicalonkan kembali. Sedangkan dari sumber yang enggan disebut namanya, tidak pernah dilakukan pemilihan pengurus komite.  

 Adapun kondisi SMKN 1 Gunungtalang jumlah siswanya sebanyak 837, terdiri jumlah kelas X sebanyak 310 orang, kelas XI (275 orang) dan XII (252 orang). Ironisnya, dalam pemungutan uang komite hampir mencapai satu setengah milyar dan belum lagi pungutan yang bervariasi antara Rp.30.000 hingga Rp.50.000 per siswa yang jumlahnya, juga hampir mendekati satu setengah milyar. Dengan banyaknya berbagai pungutan tersebut, serta kepengurusan yang berketerusan itu ke itu saja, disinilah menjai sorotan berbagai pihak, dan administrasi pun dikerjakan oleh THL. “Seharusnya yang menjadi komite itu adalah orangtua siswa, jikalau pengurus tidak bertukar ganti, niscaya bukanlah mewakili siswa yang anaknya bersekolah di sekolah tersebut.

 Jibril selaku THL, merangkap bendahara pembantu yang selalu mengerjakan administrasi keuangan komite saat dihubungi wartawan, menurutnya, setiap laporan yang ia buat selalu menyampaikan ke bendahara. Demikian. (Malin Bungsu)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami