Kapolres Padang Lawas Pimpin Upacara Hut Satpam Ke -43

Padang Lawas, bidikkasusnews.com - Kapolres Padang Lawas, AKBP Diari Astetika SIK, bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke 43.

Upacara dilaksanakan di Halaman Apel Mapolres Padang Lawas, Desa Bulu Sonik Kecamatan Barumun, Rabu 24 Januari 2024.

Terlihat hadir, Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt. MM. M.Si MH, Waka Polres, Kompol Sugianto,Ketua PN Sibuhuan Lulik Djatikumoro, SH, MH, Kajari Padang Lawas Teuku Herizal, S.H., M.H, Pabung Kodim 0212/TS Kapten Inf. Anhar Jusar para PJU Polres Palas, serta OPD Pemkab Palas dan undangan lainnya.

Kapolres Padang Lawas AKBP Diari Astetika S.IK dalam bimbingan dan arahannya, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-43 kepada seluruh personel satuan pengamanan (Satpam) di manapun bertugas, terkhusus di kabupaten Padang Lawas. 

Semoga satpam lanjut AKBP Diari, dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa khususnya di Kabupaten Padang Lawas.

"Terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa indonesia. Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri". Kata Kapolres Diari.

Kehadiran satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf C UU No. 2 tahun 2002 tentang polri yang berbunyi "Pengemban fungsi kepolisian adalah kepolisian negara republik indonesia yang dibantu oleh bentuk- bentuk pengamanan swakarsa", 

Kami sangat merasakan peran rekan-rekan satpam, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan- rekan satpam atas dukungannya selama ini. Dalam rangka mendukung tugas polri untuk menciptakan situasi yang kondusif, satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing-masing di kabupaten Padang Lawas.

Menyadari hal tersebut, peningkatan peran dan pembinaan satpam sebagai pengamanan swakarsa menjadi salah satu kegiatan dalam program transformasi menuju polri yang presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peran peningkatan. pengamanan swakarsa melalui peran aktif pam swakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa, tambahnya lagi.

Kemudian kata AKBP Diari, Rekan-rekan satpam juga harus senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas. Junjung tinggi kode etik profesi satpam dan prinsip penuntun tugas satpam dimanapun berada. Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan satpam merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran satpam juga merupakan representasi kehadiran polri di lapangan, ujarnya.

Sekali lagi Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi Kepada seluruh anggota satpam, badan usaha Jasa pengamanan, pengurus asosiasi jasa Pengamanan, serta segenap stakeholder Terkait lainnya atas kerja sama yang sinergis Sehingga situasi stabilitas kamtibmas dapat Kondusif. 

AKBP Diari  berharap, rekan-rekan satраm agar terus mendukung tugas pokok polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan Kabupaten Padang Lawas sebagaimana makna perisai pada logo satpam, akhir sambutannya. Tutupnya.

Selain upacara juga dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolres Palas AKBP Diari Astetika SIK sebagai bentuk ungkapan syukur, menjadi warna tersendiri pada puncak perayaan Hut Satpam ke 43 yang dihelat  di Mapolres Padang Lawas. 

(Effendi Pohan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami