Anggota DPRD Provinsi Jambi Dorong Kualitas SDM Modern Wujudkan Lumbung Ketahanan Pangan Ditalang Duku

Muaro Jambi, bidikkasusnews.com - Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Batanghari-Muaro Jambi Abun Yani dorong kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) modern dalam pemanfaatan 60 hektar (HA) lahan menjadi lumbung ketahanan pangan di Desa Talang Duku Kecamatan Taman Rajo. Hal ini disampaikan Abun Yani saat menghadiri undangan acara penutupan kegiatan pelatihan teknologi tepat guna bertempst dikantor Desa Talang Duku Kecamatan Yaman Rajo Kabupaten Muato Jambi, Rabu (22/5/3024). 

"Didesa Talang Duku ini ada 60 H lahan yang bisa menjadi lumbung ketahanan pangan, untuk mencapai hasil yang maksimal kita juga harus menyiapkan SDM yang memahami teknologi hingga menjadi petani modern yang memahami teknologi khususnya dibidang pertanian'. kata Anun Yani.

"Untuk mewujudkan itu semua harus didorong oleh pemerintah, sebab sangat mustahil bisa terwujud apabila tanpa dukungan pemerintah dan srekholdet terkaitterkait seperti Pemkab dan Pemprov", sambung Abun Yani.

Selain itu Abun Yani juga mengatakan bahwa Desa Talang Duku sangat strategis yang menjadi gerbang tolak ukur perekonomian di Provinsi Jambi.

"Dikatakan Gerbang artinya semua ya, mulai dari industri, transportasi air laut dan masuk keluarnya barang lokal maupun ekspor, itu di disini, artinya memang Talang Duku harus diperhatikan sehingga masyarakat bisa menikmati potensi potensi yang ada disini," ujar Anun Yani.

Anun Yani juga menerangkan, masyarakat Desa Talang Duku juga dapat mengembangkan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Talang Duku dengan mempertahankan mempertahankan kearifan lokal.

Dalam kesempatan yang sama Kades Talang Duku, Muslim mengatakan pelatihan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kapasitas petani diikuti 4 kelompok tani yang melibatkan PPL kecamatan dan desa dengan metode pembuatan racun dalam membasmi hama tikus dari labu kayu atau bahan alami yang ada di sekitaran desa.

"Pelatihan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kapasitas petani ini, diikuti oleh 4 kelompok tani yang melibatkan PPL Kecamatan dan Desa dengan metode pembuatan racun dalam membasmi hama (tikus) dari labu kayu atau bahan alami yang ada di sekitar kita," kata Kades Talang Duku Muslim.

(Arf)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami