Ketua DPRD Kota Jambi Soroti Kekosongan Obat Di RSUD Abdul Manap , Ini Sudah Tak Masuk Di Akal

Jambi, bidikkasusnews.com - Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Abshor Hasibuan, SH soroti persoalan kekosongan obat yang sudah terjadi berbulan-bulan di RSUD Abdul Manap.

Putra Ashor Hasibuan menganggapi persoalan kekosongan obat yang sudah terjadi berbulan-bulan dan tidak ada tindakan serius itu merupakan hal tindakan yang keterlaluan.

"Anggarannya sudah kita alokasikan semua, memang maunya kawan-kawan di DPRD ini, Pemkot itu konsen untuk pendidilan, kesehatan dan infrastruktur," ujar Absor Hasibuan, Kamis 6/6/2024.

Absor meminta jajaran pemkot Jambi, terutama Sekda, dinas kesehatan, dan pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan persoalan ini dengan segera.

"Kalau sudah begini, ini sudah 'bencana, Kalau tidak ada uangnya Pakai saja dana Biaya Tak Terduga (BTT) yang sudah kita anggarakan untuk beli obat. Jangan sampai masyarakat terutama pasien peserta BPJS terhambat pelayanannya," imbuhnya.

Abshor mengaku, tak masuk akal jika obat di rumah sakit terjadi kekosongam sampai berbulan-bulan, apalagi ini rumah sakit pemerintah yang melayani pasien BPJS.

"Biasanys BPJS itu membayar klaim yang sudah mencakup keseluruhan, Mulai obat, Rawat Inap, serta Jasa Pelayanan Kesehatan untuk tenaga kesehatan," Tegas Absor Hasibuan.

Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan menambahkan, Dia juga akan bersurat ke Komisi IV DPRD Kota Jambi untuk mengawal masalah tersebut.

"Intinya semua harus dievaluasi, Ibu Pj Walikota harus cepat tanggap demi perbaikan kedepan, dan Kalau perlu ganti managemennya Karena kalau obat sampai kosong itu pasti kesalahan dalam managemennya," pungkasnya.

Sementata di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, dr. Hj. Ida Yuliati mengatakan bahwa stok obat di RS Abdul Manap Kota Jambi sudah mulai tersedia sejak Rabu 05/6/2024, beberapa waktu terakhir ini memang terjadi masalah kekosongan obat di RSUD Abdul Manap Kota Jambi.

“Memang benar ada persoalan stok obat yang terjadi di RS Abdul Manap,” ujarnya.

Kadis Kesehatan Ida Yuliati juga menjelaskan, sebelum persolan ini mencuat, dirinya dan Dirut RSUD Abdul Manap sudah diapnggil Pj Walikota Jambi. Atas persolan tersebut kata Ida, Pj Walikota Jambi sudah mengambil kebijakan memanggil pihak terkait untuk melaksanakan rapat.

“Terkait persoalan tersebut, kita melaksanakan rapat yang langsung dipimpin oleh Ibu Pj Walikota Jambi, untuk mencari solusi dan menyelesaikan persoalan tersebut,” terang Ida.

Ida Yuliati menyebutksn, saat ini obat untuk RS Abdul Manap sudah tersedia sebagian di Instalasi Farmasi Kota Jambi, sesuai dengan Formulasi Nasional (Fornas).

"Artinya saat ini tidak ada lagi masyarakat yang hanya dikasih resep atau beli obat diluar,” sebut Ida.

Kadis Kesehatan Ida Yuliati menambahkan, pada pekan kedua Juni ini ditargetkan stok obat sudah terpenuhi semua (100 persen).

“Mudah-mudahan minggu kedua Juni ini stok obat sudah sesuai Fornas,” tuturnya.(Arf)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami