PEMKAB NISEL PERINGATI HARI GURU NASIONAL

Nias Selatan, bidikkasusnews.com - Pemerintah kabupaten Nias Selatan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2018 ke-73 yang dirangkai dengan berbagai kegiatan, Senin (26/11) di Lapangan Orurusa Pasar Telukdalam. Bupati Nias Selatan, DR. Hilarius Duha, SH., MH bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dan Komndan Upacara Ferisman Laia, S.Pd.

Pada kesempatan itu, tampak hadir Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita, S.Sos,MA, mewakli Kajari Nias Selatan Kasi. Intel Satria D.P Zebua, SH, Wakapolres Nisel Kompol. Bonggas Simarmata,SH, Ir. Ikhtiar Duha, MM, Asisten, Staf Ahli, OPD, Guru dan Siswa/i dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK.

Dalam Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy yang dibacakan oleh Bupati Nias Selatan, DR. Hilarius Duha, SH., MH menyampaikanTema Hari Guru Nasional tahun 2018 adalah “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI” Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XII semakin berat.

Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Untuk itu, diperlukan guru yang profesional guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global.
Akan tetapi, walaupun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumber-sumber belajar begitu mudah diperoleh, peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut.

Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik. Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian; guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya.

Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai - nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Saat ini kurang bijak rasanya jika kita hanya menyalahkan dahsyatnya perkembangan teknologi informasi.Kita harus mampu mengarahkannya menjadi potensi positif alih-alih terkena dampak negatifnya. Terlebih pada tahun 2019 yang akan datang, penetrasi revolusi industri keempat tersebut akan masuk semakin dalam ke berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan.

Oleh sebab itu, peningkatan profesionalisme guru menjadi penting karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam pewujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan abad XII yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik.

Kita tahu bahwa Indonesia telah memenuhi kriteria sebagai negara besar jika dilihat dari ukuran wilayah, jumlah penduduk, kekayaan alam, dan keragaman budayanya. Keunggulan komparatif ini harus kita kejar dengan keunggulan kompetitif di bidang SDM. Kita bersyukur bahwa saat ini konsentrasi pemerintah pada pembangunan SDM semakin besar seiring dengan upaya menggenjot pembangunan infrastruktur.

Untuk itu, kita bertekad agar pada masa-masa mendatang para guru dapat semakin berpacu mengambil peran sentral menyiapkan SDM tersebut.Selanjutnya, dalam rangka perluasan akses, pemerataan mutu, dan percepatan terwujudnya guru profesional, pada tahun yang akan datang Kemendikbud akan menerapkan Kebijakan Sistem Zonasi. Kebijakan Sistem Zonasi diharapkan akan mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di seluruh tanah air.

Usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional, dilanjutkan dengan marching band dari SMP negeri 1 telukdalam, dan pertunjukkan sanggar budaya lintas siswa SMP se-Kabupaten Nias Selatan. (Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami