TEAM OPSNAL HARDA POLRES BIREUEN BERHASIL TANGKAP  TERSANGKA PENIPUAN UMRAH

Tersangka yang duduk dilantai.
Bireuen,Bidikkasusnews.com - Team Opsnal Harda Polres Bireuen,berhasil Menangkap Direktur Travel Harum Manis berinsial Herzian Zuhri Bin Hasan (35) PNS warga Desa Cot Pluh Kec. Samatiga Kab. Aceh Barat, selasa (13/11/2018) beliau diduga telah melakukan penipuan umrah terhadap 19 calon jamaah umrah dati berbagai Kab/ kota di Aceh.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH kepada media bidikasus, Selasa (13/11) mengatakan tersangka di tangkap di rumahnya bertempat di Desa Alue Dua Bakaran Batee Kec. Langsa Baro Kab Kota Langsa.

"Tersangka Herzian Zuhri Bin Hasan ditangkap Team Opsnal Harda Polres Bireuen,karena diduga telah melakukan tindak pidana penipuan Umroh Harum Manis terhadap korban Syarifah Maisyura sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUH Pidana".Tentang Penipuan yang berbunyi, "Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun."

Dari data yang diterima media bidik kasus selasa (13/11/2018) dari pihak Polres Bireuen,korban penipuan umrah diantaranya calon jamaah Bireuen sebanyak 2 orang, Aceh Barat 4 orang dan jamaah Langsa sebanyak 11 orang, namun sudah diselesaikan serta untuk korban tasik malaya sebanyak 2 orang.

Kerugian  yang dialami jama'ah seluruhnya Rp.350.000.000 (tiga ratus lima puluh juta rupiah). Khusus untuk korban di Bireuen mengalami kerugian Rp. 41.600.000,- (empat puluh satu juta enam ratus ribu rupiah).

Dalam penangkapan  yang dilakukan Team Opsnal Harda Polres Bireuen,"Tersangka mengakui telah menipu jamaah, travel harum manis dikarenakan tidak terdaftar di kementrian agama pusat.

Oleh karena itu Kapolres Bireuen,AKBP.Gugun Hardi Gunawan SIK ,melalui  Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH ,mengharapkan kepada masyarakat untuk terus hati hati serta teliti dalam melakukan setiap aktivitas apapun ,jangan mudah terpancing "dengan bentuk hadiah yang diberikan.

Namun terhadap kasus penipuan ini, pihak polres Bireuen menghimbau Jika ada korban lainnya, silahkan segera melapor kepolres Bireuen,supaya kasus penipuan seperti ini dapat terus terungkap. (Hendra)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami