Pertumbuhan Ekonomi Digital Menjanjikan, Masyarakat Harus Cermat Menangkap Peluang

Medan, bidikkasusnews.com - Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia semakin berkembang pesat. Peluang dan potensinya pun menjanjikan. Untuk itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengimbau masyarakat, khususnya pelaku usaha, agar cermat menangkap peluang.

"Tidak hanya para pelaku usaha, semua orang yang hidup di era digital saat ini harus berbenah, menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman saat ini agar tidak tertinggal," ujar Wagubsu Musa Rajekshah saat menghadiri Indosat Ooredoo Business Connect 2019 dengan tema Disruptive Solutions for Digital Economy, di JW Marriott Hotel Jalan Putri Hijau Medan, Rabu (9/1).

Berbenah dan menyesuaikan diri, kata Wagubsu, menjadi keharusan karena ekonomi digital membawa banyak perubahan dan pengaruh pada pasar tenaga kerja. Salah satunya, banyaknya pekerjaan yang akan hilang karena sudah tidak dibutuhkan lagi dan digantikan oleh teknologi. Sebaliknya, banyak pula pekerjaan-pekerjaan baru yang akan bermunculan di masa depan.

"Untuk itu, kita harus cepat tanggap, khususnya generasi milenial Sumut, cermat mempersiapkan dan mempelajari keahlian apa saja kira-kira yang diperlukan dan dibutuhkan untuk bisa menjadi pemain di ekonomi digital saat ini, jangan sebagai penonton saja kita," tutur Wagubsu Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

Menurut Ijeck, jika dikuasai dengan baik dan dimanfaatkan dengan benar, teknologi digital saat ini mampu memberikan banyak keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Karena itu, jelas Ijeck, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) juga sedang berusaha untuk berbenah menuju tata kelola pemerintahan yang modern.

"Digitalisasi mendorong cara kerja yang lebih transparan dan terbuka. Mengurangi potensi dan peluang korupsi, suap, dan pungutan liar. Karena sistem digital itu terekam semua, baik jejak komunikasi, transaksi, dan lainnya. Rantai komunikasi kita juga semakin singkat, memudahkan penyebaran informasi hingga ke tingkat desa," jelasnya. (Safrin Lubis)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami