Tim Pembahasan Lahan Bandara Silambo Bahas Data

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Tim Pamkarsa pembebasan lahan Bandara Silambo membahas titik terang data yang diperoleh Pemkab Nias Selatan dan Tim pembebasan lahan. Hal ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Nias Selatan Jalan Arah Lagundri-Sorake Km 5 Kecamatan Fanayama, Selasa (21/05/2019).

Kegiatan ini, salah satu bentuk dalam mendukung suksesnya event Sail Nias Tahun 2019, terutama untuk pendaratan Hellypet Presiden Republik Indonesia yang direncanakan akan membuka langsung event Nasional tersebut pada Bulan September 2019.

Rapat dipimpin langsung Ketua Tim Pemrakarsa Pembebasan Lahan Bandar Udara Silambo Ir. Ikhtiar Duha, MM dan dihadiri seluruh Panitia Pemrakarsa diantaranya : Inspektur Kabupaten Nias Selatan, Emanuel Telaumbanua, Kabag Ops Polres Nisel Kompol Martin L Dachi, S.Sos,

Mewakili Kajari Nisel oleh Kasi Intel Satria D.P. Zebua, SH, mewakili Danlanal Nias oleh Lettu Laut (PM) Muzai Nurrido, mewakili Danramil 12/Telukdalam Peltu Hendra Hutabarat, Sekretaris Panitia Drs. Faatulo Gulo, Kadis Kominfo Deri Dohude.
Sekretaris Panitia oleh Kadishub Nisel Drs. Fa'atulo Gulo mengatakan bahwa, Evaluasi dari pertemuan sebelumnya. "yang kita bahas hari adalah beberapa data lahan Silambo yang sudah dibebaskan dan hari ini mari kita bahas bersama,"jelasnya.

Kabid Aset BPKPAD Nisel Yursen Agus Laia menerangkan bahwa lahan Bandara Silambo ada kurang lebih 130 hektar yang sudah disertifikat. Yang diukur ulang adalah yang sudah disertifikat. dan ada satu sertifikat seluas 35 hektar sedang fokus untuk pengembalian batas tanah dan kita sekarang sedang fokus untuk itu termasuk lahan pendaratan Hellypet RI -1,"tuturnya.

Sementara, Ketua Tim Pemrakarsa menghimbau kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk mengambil bagian dalam melakukan pembersihan lahan Bandar Udara Silambo yang sudah dibebaskan itu.

Selain itu, yang harus dibahas yakni mengenai lahan-lahan mana yang belum dibebaskan. " ketika sudah kita dapatkan berapa luasan lahan, maka baru kita bahas berapa harganya dan yang nantinya diusulkan untuk penganggarannya,". Menyangkut pembebasan lahan, sambung dia, tentu harus sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku, ujarnya.

"Artinya ketika nanti kita anggarkan, jangan lagi kita kembalikan anggaran itu, seperti tahun - tahun sebelumnya. Oleh karena itu, Kita harapkan dukungan dan kerjasama dari tokoh-tokoh dari Kecamatan Luahgundre dan Maniamolo.

Terkait pembebasan lahan tersebut, diupayakan sudah dibayarkan sebelum tanggal 14 September. sehingga pembebasan lahan tersebut, tuntas tanpa ada lagi masalah,"harap Ikhtiar Duha. Dalam rapat tersebut disimpulkan supaya minggu depan, Tim meninjau langsung lahan Bandara. 
(Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami