IAIN Langsa Wisuda 544 Orang Mahasiswa

Langsa, bidikkasusnews.com - Sebanyak 544 mahasiswa IAIN Langsa di wisuda, wisuda tersebut terlebih dahulu melalui Rapat Senat Terbuka XXIV Tahun Akademik 2018/2019 melantik dan mewisuda sarjana Strata-I di Laboratorium Terpadu kampus setempat, Rabu (11/9).

Dalam presrilis yang di terima media ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa, Muhammad Suhaili Sufian menypaikan, wisuda ini merupakan proses kegiatan akademik satu semester genap tahun akademik 2018/2019 yang menghasikan lulusan sebanyak 544 orang.

Adapun mahasiswa yang diwisuda, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran sebanyak 300 orang (55,1 %) terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 50 orang (12,3 %), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebanyak 28 orang (6,9 %), Prodi Pendidikan Matematika (PMA) sebanyak 118 orang (28,9 %), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) sebanyak 56 orang (13,7 %), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebanyak 48 orang (11,8 %).

Kemudian, Fakultas Syariah sebanyak 83 orang (15,3 %) terdiri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) sebanyak 57 orang (14,0 %), Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) sebanyak 18 orang (4,4 %), Prodi Hukum Tatanegara Islam (HTN) sebanyak 8 orang (2,0 %).

Selanjutnya, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah sebanyak 73 orang (13,4 %) terdiri dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sebanyak 25 orang (6,1 %), Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) sebanyak 47 orang (11,5 %), Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) sebanyak 1 orang (0,2 %) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 88 orang (16,2 %) terdiri dari Prodi Perbankan Syariah (PBS), 88 orang (16,2 %).

Sementara Rektor IAIN Langsa, Dr H Basri, MA mengatakan bahwa, keberhasilan mahasiswa menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi ini menjadi modal utama dalam mengambil posisi di masyarakat dalam rangka membangun bangsa.

"Dengan sangat terbatasnya peluang pekerjaan yang tersedia pada lembaga pemerintah dan perusahaan, namun di sisi lain masih begitu banyaknya peluang pengabdian yang telah menanti anda," sebutnya.

Ingatlah satu pribahasa yang bijak, “Jika kita menanam padi, maka rumputpun akan ikut tumbuh, tapi jika kita menanam rumput, padi tidak akan pernah tumbuh”,ujarnya..

Maka jadikanlah bekerja sebagai pengabdian, dilakukan secara tulus dan ikhlas karena mengandung nilai kebaikan, dan jangan bosan untuk melakukan kebaikan meski tidak akan pernah sempurna kebaikan yang kita lakukan. Namun yakinlah bahwa kebaikan tersebut akan membuahkan hasil yang baik pula pada saatnya.

"Sekalipun saudara pada hari ini telah sarjana, jangan berhenti untuk belajar, baik formal maupun non formal. Islam mengajarkan kita belajar sepanjang hayat, kemudian tunjukkan dedikasi yang baik serta semangat mengabdi dan komitmen terhadap perintah agama," ungkap Rektor lagi.

Dikatakan Rektor lagi, saat ini IAIN Langsa telah memasuki tahun terakhir dari tahapan pertama rencana strategi pengembangannya, yakni periode 2015-2019, dengan sasarannya yaitu peningkatan kapasitas kelembagaan.

"Penguatan kapasitas kelembagaan merupakan wujud dari reformasi birokrasi di lingkungan IAIN Langsa dan sebagai upaya untuk mewujudkan akuntabilitas kelembagaan. Peningkatan kapasitas kelembagaan di antaranya melalui penguatan kelembagaan dan sistem manajerial, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pengembangan sarana dan prasarana, serta perluasan dan peningkatan layanan," pungkas Rektor IAIN Langsa. (Roby G Sinaga)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami