Polres Nisel Apel Gelar Pasukan OPS Lilin Toba 2019

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Dalam rangka menyambut Natal 25 Desember 2019 dan Tahun baru 1 Januari 2020, Polres Nias Selatan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2019, Kamis (19/12/2019) di halaman Markas Polisi Resor Nias Selatan, jalan Mohammad Hatta Kelurahan Telukdalam Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.

Turut hadir : Mewakil Bupati Nisel oleh Asisten I Bidang Pemerintah, Gayus Duha, Danlanal Nias, Danramil Martinus Zega, Kasi Datun Dona Martinus Sebayang, SH, Pasi Intel Lanal Nias mewakil Kadishub, Wakapolres Nisel Kompol Martin Luther Dakhi, S.Sos, Kabag OPS Kompol Saparuddin Zebua, Kasat Reskrim Edi Sukamto, SH., MH, Kasat Sabhara AKP Ferry Kusnadi,cash., MH.

Dalam Amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Bakti Widhiarta, S.I.K menyampaikan bahwa Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan, sooiditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari Natal 2019 dan Tahun baru 2020.

Operasi lilin Tahun 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari, mulai hari Senin Tanggal : 21 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu Tanggal : 1 Januari 2020. Fokus pengamanan adalah 61.308 objek di seluruh Indonesia, baik di Gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan Tahun Baru, Terminal, Pelabuhan, Stasiun Kereta Api dan Bandara.

Dalam pelaksanaan operasi tersebut, akan melibatkan 191.807 personil pengamanan gabungan yang terdiri dari : 121.358 personil Polri, 17.190 personil TNI, serta 55.529 personil yang berasal dari Instansi terkait, antara lain : Satuan Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Linnas, Senkom serta dari Instansi lainnya.

Kekuatan personil tersebut, akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan dan 45 titik pos terpadu. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini, mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas operasi tersebut, Kapolri menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yakni : pertama tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua : Pastikan semua personil hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Ketiga : Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik - titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Keempat : Laksanakan pengamanan secara profesional dan Humanis. Berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system. Dan Kelima : memantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. (Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami