Gedung Kesenian, Pedestrian Dan GOR Akan Dibangun

Nias Selatan, Bidikkasusnews.com - Pada Tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan akan membangun Gedung Kesenian dan Pedestrian bagi pejalan kaki di Lagundri Sorake, dan pembangunan Gedung Olahraga. Hal ini disampaikan Kadis Budparpora Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi, SP kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (13/01/2020) jalan Arah Lagundri Sorake KM. 7 Fanayama.

Dia menyampaikan bahwa, Pembangunan Gedung Kesenian/panggung kesenian yang bersumber dari DAK bidang pariwisata dengan pagu dana Rp. 2 Milyar telah dibuat selesai perencanaannya. saat ini tinggal pelelangan. Nantinya akan dibangun disekitar pantai sorake.

Sementara pembangunan Pedestrian bagi pejalan kaki yang bersumber dari DAK bidang pariwisata dengan pagu dana Rp. 2 Milyar, sedang dalam tahap proses perencanaan. Nantinya juga akan dibangun dari jembatan simpang Desa Botohili menuju pantai sorake, ujarnya.

"Kita sangat berharap agar pekerjaan ini dapat diselesaikan sebelum bulan Juli 2020, dimana pada Tanggal : 6 - 12 Juli 2020 akan dilaksanakan Surfing Internasional Nias Pro dengan QS 5000. Dan menargetkan peserta diikuti lebih dari 200 orang. Bila gedung ini selesai dibangun lebih awal, maka dapat dimanfaatkan", harap Anggreani Dachi.

Gedung kesenian itu nantinya, dapat dimanfaatkan oleh warga setempat untuk mengembangkan potensi budaya, dengan membentuk satu sanggar budaya yang si bina oleh Pemerintah Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan lain sebagainya. Sehingga para wisatawan dapat menikmati atraksi budaya usai melakukan selancar dipantai Sorake, cetusnya.

Selain itu, tambah Anggraeni Dachi menyampaikan bahwa, untuk meningkatkan prestasi olahraga, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Selatan akan membangun Gedung Olah Raga (GOR) yang bersumber dari dana DAK fisik sub Bidang Olahraga dengan pagu dana Rp. 14,8 Milyar.

Terkait Perencanaan pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) tersebut, telah selesai. dan Saat ini sedang tahap untuk menyiapkan UKL-UPL dan studi kelayakan. dan selanjutnya, baru akan dilakukan tender proyek tersebut, ungkap Anggreani Dachi, SP.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Nias Selatan, Anggreani Dachi, SP berharap dengan adanya penambahan fasilitas ini, dapat menambah kenyamanan para wisatawan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Nias Selatan, harapnya.

Dan kiranya masyarakat dapat mendukung sepenuhnya pelaksanaan pembangunan tersebut dan terlebih bangunan yang sudah ada dapat terawat, harap Anggraeni Dachi, SP. (Sabar Duha)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami