Berdirinya PT. ICPL Pabrik Tepung Kelapa di Kualuh Leidong Menambah Penghasilan Ekonomi Masyarakat

Labura, bidikkasusnews.com - Berdirinya PT. ICPL (Indo Coco Prima Lestar) di dusun Sei.Bomban desa Pangkalan Lunang kecamatan Kualuh Leidong kabupaten Labuhanbatu Utara, telah menambah penghasilan ekonomi khususnya warga Kelurahan Tanjung Leidong dan desa Pangkalan Lunang.

Kadis PMD Labura, H.Syofyan Yusma,M.Si mengunjungi pabrik tepung kelapa PT.Indo Coco Prima Lestari ini Senin 11 Mei 2020.
Sofyan Yusma mengatakan bahwa "Pemilik Pabrik PT. Indo Coco Prima Lestari adalah putra asli kecamatan Kualuh Leidong, Pekerjanya mencapai 100 orang merupakan warga kecamatan Kualuh Leidong khususnya kelurahan Tanjung Leidong dan Pangkalan Lunang, hanya Manager dan Mandor Produksi di datangkan dari Yogyakarta alumni Universitas Gajah Mada (UGM) Ahli Teknologi Pangan dan Gizi". Jelas nya

Kemudian Bahan baku utama kelapa lokal hasil tanaman kelapa masyarakat Kualuh Leidong dan Kualuh Hilir sendiri dan PT. ICPL dengan kapasitas terpasang 8 ton kelapa dengan produksi rata-rata 3 ton tepung kelapa/hari atau tergantung bahan baku yang masuk, serta hasil produksinya di eksport ke luar negeri, Singapura, Thailand, German dan Amerika Utara.

Tepung kelapa yang di hasilkan dengan teknologi Terkini dengan quality control yang ketat dan di jamin tingkat ke halalannya sehingga memperoleh sertifikat Halal dari LPPM - MUI.  Terang nya.

PT. ICPL ini juga menerima buah kelapa masyarakat, mulai dari kelapa bulat atau kelapa sudah kupas, sudah dicungkil, atau yg sudah dibersihkan (sudah putih) dan harganya tentu bervariasi, kelapa bulat per kilo harga hari ini 1.700 sudah di kupas sabutnya, Sedangkan sudah dicungkil 3.700. cungkil maksudnya sudah di concek warnanya putih.
Kadis PMD juga menyarankan agar masyarakat Kualuh Leidong dan Kualuh Hilir khususnya jangan menebang pohon kelapa dan manfaatkan lahan kosong untuk ditanam kelapa agar bisa menjadi pemasukan baru sektor pertanian dengan memanfaatkan pabrik tepung kelapa yang ada di daerah kita.

“Berdirinya Pabrik Tepung Kelapa PT. ICPL dengan mempekerjakan hampir 100 orang mayoritas kaum perempuan, mudah mudahan dapat membawa perubahan ekonomi masyarakat atau menambah penghasilan khususnya masyarakat pesisir pantai, membantu perekonomian keluarga untuk lebih baik lagi dengan hidup mencukupi”

Mantan Camat Kualuh Leidong Drs H. Syofyan Yusma MSi yang sangat dicintai masyarakatnya itu memberikan saran, “Moh kito tanam kalapo di kobun dan halaman khumah kito bak dapat khazoki kito dakhi pabkhik topung kalapo ini”, ucap Syofyan dengan gaya bahasa Kualuhnya. (Abu Sofyan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami