Kehadiran Rektor IAKN Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd Disambut Hangat Pemkab. Samosir

Samosir, bidikkasusnews.com - Kabupaten Samosir salah satu kabupaten yang berada dalam kawasan danau toba dari delapan kabupaten. Kabupaten yang mayoritas masyarakatnya beragama Kristen dan Khatolik selain agama agama yang lain yang berada dikabupaten Samosir.

Putra putri dari kabupaten samosir yang menamatkan sekolahnya baik itu dari Sekolah menengah umum maupun Sekolah menengah kejuruan tentunya akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, dengan memasuki salah satu Perguruan Tinggi : Universitas, Sekolah Tinggi atau apa pun yang dituju.

Setelah tamat dari sekolah SLTA dan sederajat, negeri maupun swasta akan melanjutkan pendidikannya (kuliah) yang sudah pasti di luar kabupaten Samosir maupun diluar Propinsi Sumatera Utara.

Para pelajar yang melanjutkan kuliah diluar propinsi Sumatera Utara, kebanyakan dari jalur undangan dari salah Universitas maupun yang mendapat bea siswa guna melanjutkan ke universitas.
Begitu juga buat para pelajar sekawasan danau toba yang ingin memperdalam dalam ilmu keagamaan maka para pelajar akan mengikuti seleksi agar dapat masuk ke Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) yang berada di kabupaten Tapanuli Utara yang beribukotakan Tarutung.

Melihat perkembangan tersebut Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) merencanakan perkembangan Institut tersebut menjadi Salah satu Universitas yang berada di Tapanuli Raya. Namun untuk itu tentu nya ada syarat dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh kepala dinas Kominfo Samosir Rohani br Bakkara melalui pesan WhatsApp yang dikirimkan di whatsapp grup Kominfo pers Samosir.

Sehubungan dengan Surat Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung Nomor: 1408/Ikn.01/PP.03.2/08/2020 perihal Permohonan Rekomendasi Dukungan Peningkatan Status IAKN Tarutung menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN) Tarutung, Rektor IAKN Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Samosir untuk mendukung peningkatan status IAKN menjadi UKN Tarutung, Rabu (05/08/2020) bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kantor Bupati Samosir.

Kunjungan Rektor IAKN disambut hangat oleh Sekretaris Daerah Jabiat Sagala didampingi Asisten III Lemen Manurung, Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Staf Ahli Oscar Simbolon.

Dalam kesempatan ini Rektor IAKN Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd menyampaikan terimakasih atas sambutan Pemkab Samosir, adapun maksud dan tujuan kunjungan ini adalah guna mendapatkan rekomendasi dan dukungan peningkatan status Institut menjadi Universitas Negeri.

Dalam kesempatan tersebut Rektor IAKN menjelaskan bahwa dengan peningkatan status IAKN menjadi UKN Tarutung nantinya dapat membuka peluang guna menambah program-program studi lainnya sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

“Peningkatan status IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung nantinya diharapkan dapat mewujudkan pemerataan pendidikan yang tinggi di daerah sehingga para pelajar yang baru tamat tidak selalu terkonsentrasi di kota-kota besar. Selain itu juga nantinya dapat mendekatkan universitas dengan masyarakat yang membutuhkan pendidikan, penerapan ilmu ilmu pengetahuan dan teknologi. Dimana yang pada akhirnya untuk kemaslahatan masyarakat, khususnya di Kawasan Danau Toba”, papar Rektor IAKN.

Bupati Samosir melalui Sekdakab Samosir Jabiat Sagala dalam kesempatan ini menyambut baik dan segera akan menyutujui rekomendasi peningkatan status IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung.

Dimana setelah ditetapkannya Geopark Kaldera Toba (GKT) sebagai Unesco Global Geopark (UGG) hal ini menjadi momen untuk kebangkitan Kawasan Danau Toba.

Penetapan ini dapat mendorong terjadinya laju pengembangan disektor perekonomian dan pembangungan yang berkelanjutan di sekitar Danau Toba, kehadiran UKN Tarutung nantinya akan sangat membantu dari sisi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). (Berman Situmorang)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami