Dewan Prihatin Gedung Eks RRI di Jl Bulan Medan Terlantar

Medan, bidikkasusnews.com - Keberadaan eks gedung RRI yang terletak di Jalan Bulan Medan saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan, bangunan tua membuat pemandangan kumuh. Parahnya, pemerintah Sumut dan Pemko Medan terkesan menterlantarkan bangunan yang bernilai sejarah tersebut. 

Menyikapi hal itu, anggota Komisi IV DPRD Medan Antonius Tumanggor mendesak Pemko Medan atau instansi terkait memperbaiki bangunan tersebut. “Kurang lebih kurang 20 Tahun bangunan diterlantarkan. Keberadaan gedung tersebut sudah mirip gedung tua yang angker, jorok berbau dan telah ditumbuhi tumbuhan liar,” sebut Antonius Devolis Tumangor, S.Sos kepada wartawan (25/10) 

Antonius D Tumanggor mengaku telah turun kelokasi dan telah melihat langsung kondisi eks gedung RRI tersebut, namun sangat miris, ternyata pemerintah kurang peduli terhadap kelestarian asset miliknya. Sementara jika dikelola dengan baik akan dapat menjadi potensi PAD baik dari sektor pariwisata, perdagangan dan lainnya. 

Pada hal kata Antonius, disekitar bangunan banyak pedagang mengadu nasib mencari rezekit namun tidak menemati layak berjualan. Pedagang sudah berjualan hingga belasan dan puluhan tahun di daerah tersebut. 

“Kalau saja, pemerintah berkeinginan menata kembali para pedagang dengan memanfaatkan eks gedung RRI untuk tempat berjualan maka kondisi Jalan Bulan akan tertata rapi dan para pedagang pasti akan layak berjualan tidak sembraut seperti saat ini,” terang Antonius asal Politisi dari Partai NasDem itu. 

Tambah Antonius lagi, supaya Pemko Medan bekerjasama dengan pihak gedung RRI dan Pemprovsu memikirkan bagaimana agar gedung bersejarah tidak terlantar dan dimanfaatkan dengan baik. 

“Bangunan dapat dimanfaatkan bagi para pedagang kaki lima di sekitaran gedung tersebut, agar para pedagang teratur dan tidak membuat macet dan tidak menimbulkan aroma busuk,” ujar Antonius. 

Sementara itu, terpisah, Ketua PAC Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kecamatan Medan Perjuangan melalui sekretaris PAC, Rudi Hutauruk didampingi, Wakil Ketua Amin Sitorus dan Rajos Simamora (Bendahara) mengaku saat ini eks Gedung RRI sudah seperti gedung tua yang angker dan tidak terurus. Kondisi Gedung juga sangat memprihatinkan, belum lagi diketahui, lokasi gedung yang sempat dikenal sebagai kantor RRI tersebut sering dijadikan tempat prostitusi dan narkoba oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 

” Kantor eks gedung RRI itu juga ada yang dijadikan rumah kos-kosan. Padalah jika dikelola dan ditata kembali, lahan di lokasi gedung dapat dijadikan tempat para pedagang kaki lima yang saat ini bertebaran di sepanjang Jalan Martinus Lubis/Jalan Bulan. Sehingga kondisi jalan akan kelihatan rapi dan bersih tidak seperti saat ini,” ujarnya. (Ayu)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami