Rapat DPRD Kab. Samosir (Komisi III) Dengan Pihak Terkait Dalam Masalah Pamsimas

Samosir, bidikkasusnews.com Bertempat di ruang rapat kantor DPRD Kabupaten hari ini Senin, 11-1-2021 dilaksanakan Rapat DPRD (Komisi III) dengan pihak pihak terkait seperti : PLN Cabang Samosir (Kepala Cabang bpk. Edi Wan Purba), Dinas PERAKPP, Pemerintah Desa, Pelaksana Pekerjaan di desa Kelompok Keswadayan Masyatakat (KKM), Pasilitator, juga hadir masyarakat pemanfaat.

Rapat yang di pimpin langsung oleh ketua Komisi III DPRD kabupaten Samosir bpk. Jonner Simbolon yang didampingi oleh bpk Pantas Lasidos Limbong (Wakil Ketua), bpk Parluhutan Sinaga (Anggota).

Rapat yang di tujukan untuk mencari solusi atas banyaknya permasalahan yang ada. Sebagimana sebelumnya di pertengahan tahun yang lalu Komisi III sudah melaksanakan monitoring langsung kepada 46 desa yang menerima pasilitas bantuan pendanaan Pamsimas sejak tahun 2017 sampai tahun 2019.

Sebagaimana yang jelas di ketahui bahwa dari dari sekian banyak desa (46 desa) faktanya hanya beberapa desa saja yang berfungsi dan bermanfaat. Hal ini yang menjadikan masalah Pamsimas di kabupaten samosir banyak mendapat sorotan.


Dari sekian banyaknya permasalahan pamsimas diantaranya di desa Huta Dame di kecamatan Palipi, yang kenyataannya bahwa banyak sekali masalah yang harus diselesaikan atas persoalan ketidak berfungsiannya, tidak dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat atas keberadaan proyek Pamsimas di desa ini.

Demikian juga masalah yang terjadi di desa Pananggangan II di kecamatan Palipi, desa Sijambur kecamatan Ronggurnuhuta yang memang tidak memberimanfaat kepada masyarakat di desa tersebut.

Masalah Pamsimas di desa Huta Hotang yang secara informasi penyebab kegagalan dari Proyek Pamsimas didesa ini adalah adanya kerusakan sebahagian besar instalasi pipa air yang di akibatkan adanya proyek Jalan Nasional, dimana dilokasi pipa yang sudah di tanam ternyata dilokasi tersebut ada proyek Jalan Nasional yang mana alat berat merusak pipa pipa tersebut.

Dalam rapat hari ini secara khusus dibahas permasalahan yang membuat kegagalan Pamsimas di desa desa yang di sebabkan oleh permasalahan listrik.
Diantara desa desa tersebut : Janji Matogu, Sipira, Sigaol Marbun, Pangaloan, Janji Marapot, Pamutaran, Tanjung Bunga.

Kepala Desa Tanjungan menyampaikan adanya permasalahan masalah listrik untuk Pamsimas, dimana adanya kekurangan tiang PLN yang menyebabkan adanya saat ini kabel listrik untuk kebutuhan listri Pamsimas yang terletak di tanah yang dikawatirkan akan bisa menimbulkan kebakaran bila tidak cepat di tangani.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami