PT.Inalum Berikan Bantuan Untuk Pengembangan Usaha Ikan Air Tawar Ke BUMDes Wisata Simbur Baroqah Jaya


Asahan, Bidikkasusnews.com - PT INALUM (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL), melalui target SDGs no. 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Salah satunya melalui usaha pembibitan Dan pengembangan Usaha ikan air tawar di Desa Marjanji Aceh, Kec. Aek Songgongan, Kab. Asahan melalui Bumdes Simbur Barokah Jaya bekerja sama dengan Koperasi Indonesia.

Acara tabur bibit ikan berlangsung Jumat (21/5/ 21) yang dihadiri oleh Kepala Desa Marjanji Aceh, Royani Sianipar yang juga berperan sebagai penasehat Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Simbur Barokah Jaya. Manager Bumdes Azwan Syah Panjaitan, Ketua Koperasi sekaligus Ketua Koordinator Perikanan Kecamatan Aek Songsongan Hadinoto, anggota BPD Marjanji Aceh, Arfandi Siregar, serta Perwakilan dari PT Inalum (Persero) bersama-sama dengan beberapa karyawan Simbur Barokah Jaya dan masyarakat sekitar. 

Benih bibit ikan yang ditebar dan dibibitkan adalah jenis ikan ikan Air Tawar, seperti Nila, Ikan Mas, dan Gurami. 

Simbur Barokah Jaya mulai berdiri pada bulan Juni tahun 2020, Karyawan yang bekerja di Bumdes ini terdiri dari 6 orang ibu - ibu PKK dan juga 25 orang dari koperasi Indonesia.



Latar belakang Ibu Rayani Sianipar mendirikan dan mejalankan Bumdes Simbur Barokah Jaya ini selain untuk menciptakan destinasi wisata di daerahnya, juga untuk, menciptakan lapangan pekerjaan berupa budi daya ikan Air Tawar. Sehingga objek wisata ini dapat memberikan nilai edukasi kepada para pengunjung, serta tentunya bermanfaat ekonomi bagi pengelola dan masyarakat sekitar.

Untuk mengembangkan salah satu destinasi wisata yang potensial ini, Inalum memberikan bantuan untuk pengembangan usaha ikan Air Tawar guna mendukung lokasi tersebut menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang nyaman dan ramah lingkungan. Dengan pembangunan gazebo-gazebo area lokasi pengembangan kolam Ikan yang tertata dengan indah dam asri. 

Inalum berharap area ini dapat menjadi salah satu tempat untuk kegiatan gathering, camping ground ataupun acara keluarga lainnya sehingga mampu meningkatkan pendapatan kelompok Simbur Barokah Jaya dan masyarakat sekitar. Demikian jelas Zainuddin Iqbal Sidabutar, Manager CSR & PKBL PLTA PT Inalum (Persero) dalam sambutannya.

Harapannya BUMDES Simbur Barokah Jaya dapat berjalan dengan baik bersama-sama dengan karyawan yang ada serta masyarakat sekitar dan tentunya, dapat berkembang dan maju dengan adanya bantuan dari PT Inalum (Persero)." Ucap Royani Sianipar Kepala Desa, Marjanji Aceh.

(E. pangaribuan)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami