Menko Perekonomian Serahkan Piala TPID Awards 2021 kepada Gubsu



Medan, bidikkasusnews.comMenteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyerahkan secara langsung apresiasi atas pencapaian Provinsi Sumatera Utara sebagai TPID Provinsi Terbaik Wilayah Sumatera kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kamis (9/9/2021).

Turut hadir Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Soekowardojo, beserta rombongan Menko Perekonomian, BNPB, perwakilan DPR RI, serta pimpinan Forkopimda Sumatera Utara di Pendopo Gubernur.

Kegiatan itu disaksikan secara virtual oleh pemerintah Kab/Kota se-Sumatera Utara. Penyerahan piala TPID Awards tersebut menjadi rangkaian dalam agenda kunjungan kerja Menko Perekonomian RI ke Sumatera Utara dalam rangka Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Soekowardojo, penghargaan TPID Awards yang diterima oleh Sumatera Utara menjadi salah satu bukti atas keberhasilan TPID Provinsi Sumatera Utara dalam menjaga stabilitas inflasi di daerah.

“Sumatera Utara memperoleh penghargaan TPID Awards 2021 melalui program Pekan Horas Tani, yakni Pengembangan Kawasan Hortikultura Strategis Berbasis Kelompok Tani,” katanya dalam siaran pers diterima Pewarta.co, Kamis (9/9/2021).

Dijelaskannya, Pekan Horas Tani merupakan program untuk mendukung ketersediaan komoditi pangan strategis khususnya cabai merah dan bawang merah di Sumatera Utara. Budidaya difokuskan dengan melakukan pendampingan dan pemberian bantuan kepada Kelompok Tani di berbagai Kab/Kota di Sumatera Utara yang telah berbadan hukum dan berhasil meningkatkan produktivitas daerah untuk komoditas cabai merah dan bawang merah.

Soekowardojo menuturkan, pada 2020 terpantau fluktuasi harga cabai dan bawang mereda, produktivitas meningkat, serta tekanan inflasi relatif melandai, bagian dari dampak pelaksanaan program Pekan Horas Tani di Sumatera Utara.

“Semangat dan motivasi dalam menjaga stabilitas inflasi dan partisipasi TPID Awards perlu terus dijaga dan ditingkatkan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, partisipasi pemda Sumatera Utara pada TPID Awards 2021 telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari 58,82% (19 Kab/Kota dan 1 Provinsi) pada tahun 2020 menjadi 88,26% (29 Kab/Kota dan 1 Provinsi) pada tahun 2021.

Kedepan akan terus dilakukan penguatan program kerja TPID dengan fokus 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, Komunikasi Efektif). Penguatan program kerja di antaranya early warning system monitoring harga, implementasi teknologi digital pada pertanian, penguatan peran BUMD pangan, perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD),  optimalisasi Sistem Resi Gudang (SRG), penyediaan sarana pendukung dan penguatan kelembagaan, serta didukung pelaksanaan rapat koordinasi secara rutin oleh segenap TPID Provinsi dan TPID Kab/Kota.

Dengan segala upaya yang telah dilakukan oleh TPID Sumatera Utara, selama periode 2021 realisasi perkembangan inflasi Sumatera Utara terjaga pada sasaran nasional 3%±1%. Tercatat pada Agustus 2021, inflasi Sumatera Utara sebesar -0,08% (mtm), 0,54% (ytd), atau 2,10% (yoy).

Gubsu Edy Rahmayadi pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya kepada Menko Perekonomian RI dan TPIP atas apresiasi TPID Awards yang diberikan kepada Sumatera Utara.

“Mari bersama kita menjaga stabilitas inflasi Sumatera Utara, demi masyarakat Sumatera Utara yang lebih bermartabat dan sejahtera. Horas!,” ajaknya. 

(Ariansyah Lubis)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami