Monev Keterbukaan Informasi Publik, KI Jambi Apresiasi PPID Kota Jambi


Maroli : “Kami ingin melihat Kota Jambi mengimplementasikan keterbukaan informasi di badan publiknya”

JAMBI, bidikkasusnews.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Jambi, Abu Bakar menerima kedatangan Komisi Informasi (KI) Provinsi Jambi dalam melakukan visitasi monitoring evaluasi (Monev) keterbukaan informasi Badan Publik se-Provinsi Jambi Tahun 2021, yang berlangsung di Dinas Kominfo Kota Jambi, Kamis (9/12).

Visitasi monitoring evaluasi keterbukaan informasi se-Provinsi Jambi Tahun 2021 itu dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Jambi, Maroli.

Usai penilaian, Maroli mengatakan, kedatangan Komisi Informasi Provinsi Jambi adalah dalam rangka tahapan visitasi Monev keterbukaan informasi publik.

“Nah, kita ingin melihat sudah sejauh mana Kota Jambi mengimplementasikan keterbukaan informasi di badan publiknya. Kita ada empat kategori, yaitu perangkat derah, PPID Kabupaten/Kota, BUMD, dan SMA/SMK se Provinsi Jambi. Visitasi ini adalah penilaian lanjutan dari sebelumnya, mulai dari tahap sosialisasi hingga pengisian kuesioner,” kata Maroli.

Maroli menambahkan, pihaknya ingin melihat sejauh mana kepatuhan badan publik yang ada di Provinsi Jambi ini dalam menaati undang-undang nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Ketika instrumen yang ada dalam penilaian itu sudah dipenuhi maka kami akan memberikan pemeringkatan. Yang tidak patuh bakal kita umumkan,” katanya.

Sementara terkait dengan visitasinya di Dinas Kominfo kota Jambi, dia mengatakan sejauh ini sudah cukup baik, karena berbagai instrumen kuesioner yang telah diserahkan sudah dijelaskan secara baik.

“Tentu kami sudah melihat dan akan mengadakan rapat pleno yang terdiri dari 12 dewan juri, kami akan mempresentasikan, mudah-mudahan hasilnya akan menjadi lebih baik, apa yang kami lihat hari ini,” harapnya.


Pihaknya juga mengapresiasi portal-portal pengaduan atau keluhan masyarakat yang sudah diciptakan oleh dinas Komunikasi dan Informarika Kota Jambi. “Jadi tadi juga sudah dijelaskan alurnya jika masyarakat ingin melakukan pengaduan, bisa melalui aplikasi-aplikasi yang sudah ada,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, Pemkot Jambi berkomitmen meningkatkan pelayanan publik terhadap penyediaan informasi dan data.

“Dalam kesempatan yang baik ini, kami sangat mengapresiasi kunjungan KI ke Diskominfo Kota Jambi, karena dengan adanya monev yang dilakukan KI ini, terlebih lagi langsung dipimpin oleh Ketuanya bu Maroli, tentu akan menambah banyak masukan yang akan kami pedomani guna meningkatkan kineja dan peran PPID dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik,” ujar Abu Bakar.

Kadis Kominfo Kota Jambi itu menambahkan, bahwa instansinya juga sudah melakukan langkah-langkah strategis diantaranya dengan mengintegrasikan seluruh layanan informasi publik dalam satu portal.

“Transformasi digital adalah sebuah keniscayaan dalam pemberian informasi publik pada masa kini agar tetap relevan. Oleh karenanya untuk mendekatkan layanan informasi kepada publik itu, kami juga manfaatkan fasilitas digital yang memang saat ini sedang trend di masyarakat, selain berbasis web dan android, kami juga manfaatkan platform media sosial lainnya,” tambahnya.

Jubir Pemkot Jambi itu juga mengucapkan terimakasih atas visitasi dari Komisi Informasi Provinsi Jambi tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih dan ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kinerja, dengan adanya kunjungan monev ini kami bisa mengukur dan menilai sejauhmana kinerja PPID kami,” pungkas Kadis Kominfo yang dikenal dekat dengan wartawan tersebut.

(Arif)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami