Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2022 Di Wilkum Polres Samosir


Samosir, bidikkasusnews.com - Hari ini Selasa, 1-3-2022 sejak pukul 08.20 Wib Polres Samosir melaksanakan Apel Gelar Pasukan Keselamatan Toba 2022, dalam rangka terciptanya Sitkamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif serta dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid - 19 di wilkum Polres Samosir.
Bertempat di Halaman Apel Mako Polres Samosir Jl. Danau Toba  Kel. Pasar Pangururan Kec. Pangururan Kab. Samosir.

Bertindak sebagai pimpinan Apel adalah Kapolres Samosir AKBP Josua  Tampubolon, SH. MH dan yang bertindak sebagai Komandan Apel yakni IPDA Abdurahman Sitompul, SH.

Adapun peserta yang turut pada Giat Apel kali ini diantaranya : Mewakili Dandim 0210/TU yakni Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donal Panjaitan, Kadis Perhubungan Kab. Samosir Laspayer Sipayung, Plt Kadis Kominfo Ricky Rumapea.

Sedangkan susunan peserta Apel adalah sebagai berikut :
- Satu Pleton Personil Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira Polres Ssmosir
- Satu Pleton Personil Koramil Kab. Samosir. 
- Satu Pleton Personil Bersenjata Sat Sabhara Polres Samosir. 
- Satu Pleton Personil Sat Lantas Polres Samosir. 
- Satu Pleton Personil Gabungan Staff dan Polsek.
- Satu Pleton  Personil gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim, Sat Narkoba Polres Samosir.
- Satu Pleton Personil Dinas Perhubungan Kab.Samosir.
- Satu Pleton Personil Sapol PP Kab. Samosir.

Adapun rangakaian Kegiatan Apel gelar pasukan meliputi :

Pertama : Laporan Perwira Upacara Kepada Pimpinan Apel.
Kedua : Pimpinan Apel memasuki lapangan Apel pasukan disiapkan. 
Ketiga : Penghormatan pasukan. 
Keempat : Laporan Komandan Apel kepada Pimpinan Apel dilanjutkan dengan Pemeriksaan Pasukan Oleh Pimpinan Apel. 
Keliama : Perwakilan Penyematan tanda Operasi mengambil tempat dan laporan. 
Keenam :Penyematan Tanda Operasi oleh Pimpinan Apel. 
Ketujuh : Amanat. 
Kedelapan : Do'a. 
Sembilan : Laporan komandan Apel kepada Pimpinan Apel bahwa Apel telah dilaksanakan. 
Sepuluh : Penghormatan pasukan. 
Sebelas : Pimpinan Apel dapat meninggalkan lapangan Apel.
Terakhir : Pasukan di istirahatkan.

Adapun amanat Kapolda Sumut yang dibacakan oleh Pimpinan Apel adalah sebagai berikut   :
"Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan Karunia-nya, karena pada pagi hari ini kita semua dapat hadir, pada apel gelar pasukan operasi kewilayahan "KESELAMATAN TOBA - 2022", di tempat ini dalam suasana penuh kebersamaan serta tetap mematuhi protokol kesehatan. 


Pelaksanaan Apel Gelar pasukan ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Polda Sumut dengan tujuan sebagai bentuk kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan dilibatkan pada operasi "Keselamatan Toba 2022" .

Adapun Sasaran Operasi "Keselamatan Toba – 2022" yakni para pelaksana operasi mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum, pada saat dan pasca operasi, yang dapat menghambat dan menganggu Kamseltibcarlantas serta penyebaran Pandemi Covid-19 khususnya menjelang bulan ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dalam rangka untuk mencapai keberhasilan Pelaksanaan Tugas Operasi, beberapa penekanan saya untuk cara bertindak pada operasi "KESELAMATAN TOBA - 2022" untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain : 

1. Lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan, penggalangan dan pemetaan terhadap lokasi rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan serta lokasi rawan penyebaran Covid-19. 
2. Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya penyebaran virus corona melalui kegiatan sosialisasi seperti 7 pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker. 
3. Tingkatkan edukasi, penerangan dan bangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan. 
4. Optimalkan publikasi tertib lalu lintas dan melalui mematuhi protokol kesehatan media massa baik media elektronik, cetak dan media sosial. 
5. Gunakan Handy Talky dan alat komunikasi lainnya sebagai sarana komunikasi dengan kesatuan. 
6. Utamakan keselamatan jiwa, alat utama dan alat khusus yang digunakan dalam operasi. 

7. Lakukan tindakan terhadap 9 (Sembilan) pelanggar prioritas yaitu pengemudi ranmor yang menggunakan handphone, pengemudi ranmor masih di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 (satu) orang, tidak menggunakan helm sni, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol, melawan arus, pengemudi ranmor yang tidak menggunakan safety dan mengemudikan ranmor secara ugal-ugalan belt serta pelanggaran over dimension dan over load (odol).

8. Laksanakan penugasan dengan berperilaku simpatik dan mengutamakan pelayanan prima. 

Saya Mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada seluruh personel yang terlibat pada Operasi "Keselamatan Toba - 2022". semoga pengabdian tugas yang saudara berikan menjadi amal ibadah di hadapan tuhan Yang Maha Esa.

Bahwa saat ini Kab. Samosir sudah masuk level 4 untuk itu saya harapkan kita bekerja sama karena kita tidak boleh untuk menurunkan Level.

7. Sekira pukul 08.55 wib pelaksanaan Apel gelar Pasukan selesai dilaksanakan selama giat berlangsung berjalan dengan Aman dan terkendali.

Disampaikan Bahwa Pelaksanan Ops keselamatan Toba 2022 berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 01 Maret   2022 s/d 14 Maret 2022.

Agar tetap mengikuti Protokoler kesehatan dalam pelaksanaan di lapangan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19 dengan tetap menggunakan masker,Hand sanitizer, dan mengatur jarak (sosial distancing).

Selama pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Toba 2022 di Halaman Mapolres Samosir berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami