Polres Samosir Laksanakan Press Release Atas Pengungkapan Kasus Penemuan 1/2 H Lahan Ganja Dan Sindikat Curanmor Antar Kabupaten

Samosir, bidikkasusnews.com - Setidaknya dua kegiatan penting dilaksanakan Jajaran Polres Samosir hari ini Jumat, 22-4-2022 yang berlangsung dihalaman Mako Polres Samosir, dipimpin langsung oleh Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH., MH., yakni pelaksanaan Gelar Pasukan dalam Persiapan menyambut Hari Besar Idul Fitri dan libur panjang, dengan persiapan pengamanannya, yang diberi nama Operasi Ketupat Toba 2022.

Gelar Pasukan yang melibatkan Firkopimda Kabupaten Samosir.

Setelah Upacara Gelar Pasukan selesai dilaksanakan. Pada pukul 10.00 Wib Polres Samosir lanjut melaksanakan Press Release pada pengungkapan kasus penemuan 1/2 H ladang ganja dan keberhasilan menangkap pelakunya. Juga keberhasilan jajaran Polres Samosir mengungkap kasus curanmor di wilayah hukum polres Samosir.

Press release kali ini ada yang sangat istimewa, bukan saja karena kasus yang diungkap, melainkan dengan kehadiran dari unsur Forkopimda Samosir, diantaranya Ketua DPRD Sorta Ertaty Siahaan, Penjabat Sekdakab. Samosir mewakili Bupati Hotraja Sitanggang, Mewakili Dandim 0210/TU oleh Danramil 03/Pangururan Kapt Inf. Donald Panjaitan, para tokoh Agama, tokoh Masyarakat, insan Pers dan LSM.

Pelaksanaan Press Release di mulai dengan penyampaian oleh Aiptu Darmono Samosir, SH sebagai pembawa acara. Selanjutnya menyerahkan langsung pada Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH., MH., memimpin langsung seluruh rangkaian press release.



Tak lupa bapak Kapolres menyapah seluruh peserta yang hadir mengikuti acara ini, mulai dari Ketua DPRD, Sekdakab Samosir, Kepala Dinas Perhubungan Laspayer Sipayung, dan beberapa pimpinan OPD, Kepala Kantor Agama Samosir, Danramil 03/Pangururan, para tokoh Agama, tokoh Masyarakat, rekan rekan insan Pers, LSM.

Beliau menyampaikan pengungkapan 1/2 H lahan ganja yang ditemukan di dataran tinggi pulo Samosir, tepatnya di Dusun I Desa Dosroha Kecamatan Simanindo, Samosir. Disebuah lokasi yang sangat sulit tuk dijangkau yang memang jauh dari pemukiman masyarakat dengan medan jalan yang sangat sulit.

Dijelaskan bahwa jajaran Polres Samosir yang dipimpin oleh Kasat Narkoba yang saat ini sudah beralih tugas menjadi Kasat Reskrim AKP Natar Sibarani, setidaknya sudah menjadikan ini menjadi target operasi (TO) kurang lebih selama dua bulan, puncaknya sempat dua hari dua malam personil kita harus mengendap dilokasi sebelum melakukan penyergapan terhadap pelaku yakni LS dan dua orang anaknya, pada Rabu 20-4-2022 lalu.

Keterangan lain yang dapat kami terima dari tersangaka, bahwa kegiatan ini sudah di lakukannya hampir tiga tahun belakangan ini.

Setidaknya lebih dari 1/2 H luas lahan ganja yang ditemukan di dua lokasi yang berdekatan. Ada 300 batang ganja siap panen diamankan dari lokasi, dan dari hasil pengeledaan dari rumah pelaku, kita juga mengamankan bungkusan daun ganja kering yang sudah siap menunggu pembeli, serta kita sudah menahan pelaku dan dua orang anaknya yang saat ini kita masih jadikan saksi.

Dan saat ini kita masih terus melakukan pengembangan untuk mencari pihak yang memberikan bibit dari tanaman ganja ini, juga pihak pihak yang selama ini membeli ganja ini dari pelaku.

Selanjutnya hari ini juga kami merilis keberhasilan personil kami didalam pengungkapan sindikat pencuri kenderaan bermotor atau yang biasa kita dengar curanmor antar kabupaten.

Pengungkapan dan penangkapan para tersangaka dalam kasus ini tidak terlepas dari peran tim opsnal yang dipimpin  Kanit Pidum Aipda Durahman, dimana tim opsnal ini terdiri dari personil dari Polres Samosir bersama personil dari Polsek Simanindo.

Pengungkapan kasus ini berawal dari adanya laporan masyarakat akan adanya pencurian sepeda motor, yang menurut laporan korbannya bahwa pelaku pencurian memasarkan sepeda motor korban (pelapor) melalui media sosial facebook, pelapor mengenali persis bahwa sepeda motor yang ada di facebook tersebut jelas miliknya yang hilang.

Akhirnya bersama dengan personil kita, pelapor akan bertransaksi untuk membeli sepeda motor tersebut, dalam kesempatan itulah personil kita melakukan penangkapan.

Setelah penagkapan ini lalu dikembangkan, sampai pada penangkapan 9 orang tersangka dengan berbagai jenis barang buktinya, sebagaiman yang dapat kita lihat saat ini, demikian di paparkan oleh Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon dalam keterangan press release hari ini.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami