Kasetukpa Lemdiklat Polri Pimpin Ziarah ke Makam R. Soebarkah


Sukabumi, bidikkasusnews.com - Jajaran Setukpa Lemdiklat Polri dan Polres Sukabumi Kota ziarahi makam R. Soebarkah di Tempat Pemakaman Umum Ciandam Kota Sukabumi pada Rabu 29/06/2022.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Bhayangkara ke 76 tahun 2022, Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum selaku pimpinan rombongan yang didampingi oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin, S.I.K., Ketua Bhayangkari Cabang 04 Setukpa Ny. Tasha Mardiaz dan Ketua Bhayangkari Cabang Sukabumi Kota Ny. Jasmine Zainal melalukan ziarah ke taman makam pahlawan Surya Kencana dan TPU Ciandam yang salah satunya terdapat satu makam pendahulu Polri yaitu R. Soebarkah. 

R. Soebarkah Reksoatmodjo itulah nama lengkapnya, lahir di Slawi Kabupaten Tegal pada 7 Nopember 1902, beliau merupakan tokoh peletak pondasi pendidikan didunia kepolisan Republik Indonesia. Oleh karena itu segenap jajaran Polri yang ada di Setukpa Lemdiklat Polri dan Polres Sukabumi Kota menziarahi makamnya sebagai wujud penghargaan atas jasa jasa beliau saat masih berkarya didunia kepolisian. 

Sekilas sejarah tentang R. Soebarkah, diawali pada tahun 1946 saat beliau sedang bertugas sebagai Bupati Kudus, mendapat tugas menjadi direktur Sekolah Polisi Negara (SPN) di Mertoyudan, Jawa Tengah. 

Pada juli 1947 terjadi agresi militer Belanda yang membuat kegiatan SPN terhenti, R. Soebarkah pun ditugaskan ke Yogyakarta dan membuka kembali Sekolah Polisi Negara dengan menggunakan rumah peristirahatan Sri Sultan Hamengku Buwono IX di Ambarukmo Yogyakarta. 

Kemudian pada 30 April 1950 Sekolah Polisi Negara dipindahkan ke Sukabumi Jawa Barat, dan Soebarkah ditunjuk sebagai direkturnya. 

R. Soebarkah membentuk dasar dasar pendidikan kepolisian ketika pada tahun 1951 ia mendapat tugas sebagai Kepala Bagian Pendidikan Jawatan Kepolisian Negara dan Sekretaris Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta dengan tetap menjabat sebagai Direktur SPN Sukabumi.

R. Soebarkah merupakan sosok yang aktif menulis buku, salah satunya kumpulan buku pelajaran bagi murid Agen Polisi (1954) dan menjadi pemimpin redaksi Bhayangkara (1954), majalah khusus kepolisian.   

Tidak heran di setiap satuan pendidikan Polri terdapat nama gedung atau lapangan yang diberinama R. Soebarkah, karena beliau merupakan tokoh utama peletak pondasi pendidikan Polri.

(Ariansyah Lubis) 

Artikel Terkait

Berita|Nasional|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami