Dorong Transformasi UMKM 4.0, BI Sumut Gelar KKSU Tahun 2022



Medan, bidikkasusnews.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara (BI Sumut) kembali menggelar Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) tahun 2022 sebagai upaya terus mendorong peningkatan kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam digitalisasi usaha dan mendorong transformasi UMKM 4.0.

Kepala Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi, mengatakan KKSU 2022 ini bertemakan UMKM Sumatera Utara Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan. 

"Kegiatan ini bertujuan mendorong transformasi UMKM 4.0 dengan digitalisasi proses pembiayaan, pemasaran, maupun pembayaran yang sejalan dengan upaya Bank Indonesia dalam mendorong UMKM 'naik kelas' dan turut berkontribusi terhadap perekonomian Nasional," katanya, Jumat (22/9/2022).

Menurut Doddy, tren digitalisasi UMKM saat ini juga diarahkan pada integrasi platform digital dengan makin dominannya interaksi merchant-platform-consumer. 

"Hal tersebut, antara lain melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang mendukung transaksi UMKM yang semakin cepat dan efisien," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan launching Program Pusat Perbelanjaan Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai (SIAP) QRIS di Sumatera Utara. 

"Program ini berkolaborasi dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sumut dan 12 Pusat Perbelanjaan di Kota Medan," pungkasnya.

(Ariansyah Lubis) 

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami