Baitul Mal Agara Salurkan Zakat dan Imfaq Kepada 3149 Asnaf


Kutacane, bidikkasusnews.com - Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Tenggara, salurkan dana Zakat, Infaq, dan Sadakah kepada 3149 orang penerima, penyalurannya dilakukan secara simbolis di kantor Baitul Mal Agara.

Adapun penerima dana Zakat, Infaq yaitu, Asnaf Fakir, Miskin, Mualaf Ibnusabil, dan Fisabilillah, sumber dana Zakat Infaq tahaf II tahun 2022 sebesar Rp.2 Miliyar, hal tersebut di sampaikan oleh anggota BMK Agara Tgk Saparudin, didampingi Ketua Dewan Pengawas Kasirin Sekedang, kepada bidikkasusnews.com Rabu (5/10).

Sementara itu Dewan Pengawas BMK Kasirin Sekedang menjelaskan, sebanyak 1286 orang untuk Asnaf Fakir, perorang menerima sebanyak Rp400 ribu, dan 700 orang untuk kategori Miskin menerima Rp300 ribu perorangnya.

Untuk Ibnu Sabil sebanyak 780 orang, yang terdiri dari santri dalam daerah sebanyak 250 orang dengan besar bantuan Rp500 ribu sementara santri di luar daerah ada 150 orang dengan bantuan Rp500 ribu.

Untuk mahasiswa dalam daerah sebanyak 170 orang menerima bantuan sebesar Rp1 juta perorang, sedangkan untuk mahasiswa yang berada diluar daerah sebanyak 150 orang setiap orang menerima Rp1 juta, untuk mahasiswa  yang ada diluar Negeri dan Pasca Sarjana sebanyak 60 orang menerima sebesar Rp 2.5 juta perorang.

Sedangkan untuk Mualaf sebanyak 50 orang dan setiap orang menerima dana Zakat untuk Pembinaan sebesar Rp2 juta.

Mekanisme penyaluran bantuan kepada santri baik luar daerah dan dalam daerah dan mahasiswa di lakukan secara Non Tunai yaitu langsung di transfer ke Rekening penerima, jelasnya.

Lanjut Kasirin, untuk Asnaf Fakir dan Miskin di salurkan secara tunai di Kantor BMK serta dibalai kantor camat masing- masing. Sedangkan bagi Asnaf Fakir yang tidak mampu langsung diantar oleh petugas penyaluran dari Sekretariat Baitul Mal.

Selanjutnya para Mualaf akan di serahkan di kantor Baitul Mal Agara, sekaligus memberikan Bimbingan dan pencerahan dari pihak pengurus Baitul Mal.

Pada setiap tim Penyaluran terdiri dari Unsur Badan Baitul Mal, Dewan Pengawas dan Sekretariat Baitul Mal, yang di bagi menjadi V Tim. Ujarnya. 

Kasirin menambahkan, tidak semua yang di data mendapat bantuan dari Dana Zakat tersebut, di karenakan keterbatasan Anggaran, untuk tahun 2022 ini ketersediaan dana hanya sebesar Rp 2 miliyar.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami