HATI-HATI MODUS PENIPUAN LEWAT WA BERIKAN "DONASI"


Labura, bidikkasusnews.com - Hati-hati dan waspada karna, kejahatan penipuan bisa lewat medsos, WA , Facebook dll, dengan modus bermacam-macam.

Baru-baru ini salah seorang RN (50th) kepada awak media Bikas Senin (7/11/22) menceritakan hal yang dialami, hampir saja tertipu oleh salah seorang yang mengaku bernama Devi Aulia di WA nya, tapi Karna RN jeli dan menggunakan logika ,sipelaku akhirnya tidak berhasil untuk melakukan aksi tipunya dengan kata-kata angin sorga akan memberikan DONASI, yang sudah dikonsep matang olehnya untuk mengelabui targetnya.

Semoga kejadian ini tidak terjadi kepada para netizen yang lain.

baca berita ini hingga selesai, apabila anda mendapat WA dari seseorang yang menjanjikan bentuk apapun, janganlah langsung percaya, tapi harus kita cermati dulu sebelum menjadi korban penipuan.

     Contoh modusnya seperti ini: awalnya sipelaku mengaku bernama Devi Aulia, dengan nomor WA +6256-5665-4492 diawali dirinya sipelaku, menuliskan kata, Assalamu'alaikum,dan mengirim ke nomor WA ke RN

     Lalu SR menjawab," walaikumsalam Bu. Balasnya Devi lagi,"Ini kak ada rezeki dari keluarga untuk membantu donasi nya,ada Nomor rekeningnya kirim ke mana ya kak..?

    Balas SR"ini siapa..?jawab Devi,"Aku kak. Lalu RN meminta identitas Devi Aulia,"bisa kirim identitas ibu,atau KTP ibu..?

    Lalu Devi mengirim identitasnya tapi bukan identitas dirinya, tapi KTP orang lain dan KTP itu jenis pria atas nama:I Wayan Tirta Utama

Agama :Hindu

Tempat tgl lahir:Seragen 23-10-1984

Alamat:jln Tiga Putra,Kel/Desa

 Meruyung,Kec.Lima

RT/RW :003-004

Pekerjaan: Kepolisian RI(POLRI)

    Lalu Diva Aulia mengatakan,"itu KTP suami saya kak'.

     Dan Karna awalnya ER belum ada rasa curiga lalu RN memberikan nomor rekening ke Devi Aulia atas nama BKM Mesjid Nurul iman.

     Lalu Devi menjawab,"

Baik kak nanti kami kabarin jika

sudah di transfer ya kak.

     Selang lima menit, kemudian tanda bukti tranzver (palsu) melalui Bank BCA di WA kan Devi ke RN dengan saldo masuk senilai Rp 950 ribu.

    Dan Devi Aulia sambil mengatakan di WA nya,"

Semogah berkah dan bermanfaat ya kakπŸ€²πŸ»πŸ™ Salam dari keluargaπŸ™πŸ™ Nnti kami bantu kak untuk share donasi nya...

Apa boleh kmi share donasi nya kak...?"Pinta Diva Aulia.


RN menjawab,"boleh terima kasih atas kepedulian ibu'. Devi Aulia mengatakan lagi,"Kebetulan kerabat-kerabat kami rata-rata donatur kak'...jdi nnti kmi konfirmasi kan ke kak jika ada yg mau bantu donasi nya kakπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

Lalu RN kembali membalas," Saya jawab,"Ok Bu trmz.

Selang beberapa menit kemudian Devi Aulia, mengatakan lagi,"Ini sy konfirmasi ulang mengenai donasi nya udah ditranzver kak semoga berkah dan bermanfaat AminπŸ€²πŸ€²πŸ€²πŸ™πŸ™...

      RN jawab lagi," amin terima kasih Bu.lalu balas Devi Aulia, mengatakan," 

Ini sya minta tlong kak bagi dua dgn open donasi operasi yg di PADANG... kerna saya tdk bisa transfer dua kali kerna saldo saya pas 950rb jadi sy amanah kan sama kk mhon dibagi dua ya kkπŸ™

     Mohon amanah nya di terus kan dlu ya kakπŸ™πŸ™ Kirim ke sana 400rb ya kak..πŸ™πŸ™

 Kak di transfer kan ke sana ya 400r, soal nya beliau gk bisa nunggu lama kak bentar lagi donasi nya tutup soal nya,dan Devi Aulia memberitahuakan norek yang dimaksud.

BANK BRI

373301027569534

AN: RIZKI MAULANA

Kak tlong di Tf kan skrg yah..soal nya pihak donasi nya tdi smpai kan ke kami bahwa sebentar lagi donasi nya sudah mau di tutupπŸ™πŸ™.dan Devi Aulia meminta,agar

Bukti transfer nya mohon di sertakan ya kak untuk kami, konfirmasi kan ke pihak donasi nya"pinta Devi Aulia.

Disini RN mulai merasa timbul curiga dan mencermati dengan logika merasa tidak masuk akal dalam hati berkata," Poto Devi Aulia berhijab tapi KTP yang dikirim jenis pria dan katanya suaminya tapi beragama Hindu, dan uang yang sudah ditranzverkan suru membagi dua lagi dan disuru mentransferkan lagi ke Norek yang diberitahukan atau yang sudah diatur ke atas nama: RIZKY MAULANA.

Dari kejanggalan-kejanggalan ini, Kemudian RN pun sudah tidak percaya lagi dan memastikan ini sudah jelas penipuan namun terus melayani dan membalas jawab yang di WA kan Devi Aulia.

Lanjut jawab RN," ke Devi,"tunggu ketua panitianya belum pulang Bu,Karna lagi pigi keluar kota, karna buku tabungannya ketua panitia yang bawa Karna tidak pakai ATM dan mbangking.

Jawabnya lagi,"Atau mungkin ada teman nya yang pakai Mbanking kak yg bisa bantu untuk transfer kan skrngπŸ™πŸ™

jawab RN," gak bisa Bu, dan yang ibu tranzver juga belum tau apakah Uda masuk atau belum Karna lihatnya harus bawa buku tabungan Karna tidak ada pakai ATM dan belum ada mbangking nya.

Tunggu 1 atau 2 hari lagi Bu ketua itu pulang dari luar kota. Dan,ketika RN coba meminta identitas KTP nya Devi Aulia dirinya, mulai ngeles,dan menjawab," Belum jadi kak KTP nya lagi diproses, soal nya KTP beserta dompet hilang kemaren. Dan sepertinya Devi Aulia pura-pura mulai marah, dan mengatakan,"Buat apa kak...!?"Kami tersinggung loh..!,

Kami bukan penipu kak..!, Namun Devi Aulia terus mencoba memaksa dan meminta"Apa bisa di transfer kan skrg kk..?

jawab RN,"tidak bisa Bu..! Mf saya' tidak menyebut ibu penipu,tapi memang itu peraturan dari panitia siapa yang memberi donasi harus memberitahukan KTP, KK atau identitas yang jelas"jawab SR di WA nya mengahiri.

Setelah itu, tidak ada lagi Devi Aulia menghubungi nya lagi di WA nya, lalu SR memberitahukan kepada pengurus dan ketua BKM mesjid Nurul iman Fendi dan Ifen juga Aran pada malam itu juga untuk mengecek apakah ada saldo yang masuk..? Ternyata ke esokan setelah di cek ternyata tidak ada saldo yang masuk.

Ternyata benar pelaku yang mengatasnamakan Devi Aulia coba hendak menipu dengan menunjukan tanda kertas tertulis bukti tranzver saldo yang sudah masuk,agar target yang dituju percaya dan mengikuti perintahnya.

Semoga kejahatan dengan modus-modus penipuan seperti ini agar Aparat Penegak Hukum, segera tanggap dan melakukan pelacakan dan dapat menangkap pelakunya,agar tidak semakin banyak korban yang tertipu.

Dari identitas nomor WA pelaku Yang mengatas namakan DEVI AULIA dan nomor rekening atas nama RIZKY MAULANA serta KTP asli atas nama I WAYAN TIRTA UTAMA Pekerjaan Kepolisian RI sesuai yang tertulis di KTP tersebut. 

Dengan barang bukti nomor WA, nomor rekening,dan KTP, jika Aparat Penegak Hukum,dan instansi lain serius dipastikan pelakunya pasti terlacak dan dapat tertangkap. (Eko s.rino)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami