Kunjungan Kerja FKDM Kab.Langkat Ke Labura


Labura, Bidikkasusnews.com - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Langkat Provinsi Sumatra Utara Selasa, (23/11/22) Kunjungan ke Labura, dalam rangka, Kunjungan kerja dan silaturahmi serta, membahas perkembangan FKDM, dan perbandingan Kabupaten Langkat, dengan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kedatangan pengurus ketua FKDM Kab.Langkat H.Ismadianto Karo Karo,Spdi,MM.,beserta pengurus dan anggotanya, disambut baik oleh Kaban Kesbang pol Sukamto,SE,MM., dan Ketua FKDM Labura Purnawirawan Setu Warsono, dan jajarannya di Aula Anugrah Hotel Jl.Sukarame Kabupaten Asahan, Rabu (23/11/22) jam 10:00 wib.

Acara pertemuan itu, dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang) Labura, Sukamto,SE.MM.dan didampingi oleh Kabid Bidang Kewaspadaan Nasional dan penanganan konflik Irwan, SE. Serta para pengurus FKDM Labura yang hadir.

Diacara pertemuan itu Kakan Kesbangpol langkat Faisal Tazalwi,Sos,"Terima kasih kepada bpk Kaban Kesbangpol Labura yang telah menyambut kami, disini saya melaksanakan tugas untuk pendampingan tugas ketua FKDM Kab.Langkat dan jajarannya, untuk melakukan tugas silaturahmi, Koordinasi,sering apapun nanti.

Disini saya mengenalkan ketua FKDM kami salah satu ulama dilangkat H.Ismadianto Karo Karo,Spdi,MM.,merangkap salah satu wakil Ketua Basnas Kab.Langkat, makanya banyak jadwal yang terkendala Karna kesibukan beliau ceramah,makanya seharusnya pertemuan kita sebenarnya esok hari,tapi Karna besok ada kegiatan beliau maka dimajukan jadi hari ini.

Di FKDM ini beliau juga ketuanya para ketua dijajaran FKDM ini. Beliau juga multifungsi sebagai di FKDM sebagai penanggung jawab dikewaspadaan ini,dan intelijen.

Jadi itulah sekilas sosok beliau sesuai Visi-Misi Kab.Langakat,salah satunya menjadikan Langkat, Kabupaten yang "Religius",itu makanya pengurus FKDM perlu dari ustadz, jadi kurang-kurang dana mereka itu ikhlas pak.."sembari tawa "ucapnya.

Sambungnya lagi,"jadi nanti dikenalkan langsung sama ketuanya,dan jajarannya jadi dapat sering-sering, apa yang bersifat tehnis dan yang terbaik, perlu kita jalankan kedepanya, menjelang - jelang tahun Politik, dan cuaca yang sangat-sangat Extrim belakangan ini.dan sebagian menskep Kab.Labura ini,banyak kemiripanya dengan Kab.Langkat"jelasnya.

Kaban Kesbangpol Labura Sukamto, SE,MM.,dalam sambutannya mengatakan,"Terimakasih salam hormat buat ketua FKDM Kan.Langkat beserta jajarannya,juga ketua FKDM kan.Labura beserta jajarannya.

Perlu diketahui FKDM Kab.Labura,ini sudah Dua periode,kita ketahui bersama bahwa ketua FKDM Kab.Labura kita ini dari Purnawirawan dan pernah kami sama-sama dikecamatan saya Camatnya dan beliau ini Komandan Koramil berpangkat Kapten,kami selalu bekerjasama yang baik,dan sekarang jumpa lagi di Kesbangpol beliau jadi ketua FKDM nya.

Dan hormat yang sama,ini senior saya Uda pengsiun bpk Sukisman,MSI belio ini banyak juga berkecimpung dipemerinthan ini. Dan terakhir pengsiun distaf ahli di kesbang.

"Kami mengucapkan selamat datang di Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok.

Kab.Labura ini adalah kabupaten yang baru dimekarkan jadi sekarang sudah berusia 15 tahun. yang dulunya masih bersatu ke induk yaitu Kabupaten Labuhan Batu.

Kalo ditanya yang menonjol di Kab.Labura ini,adalah perkebunan Kelapa sawit, kalo untuk pertanian,dan perikanan ada di Kecamatan Kualuh Hilir, dan Kecamatan Kualuh Leidong. Dan pertanian padi di Kualuh Hilir,sekarang pun sudah banyak beralih pungsi menjadi tanaman kelapa sawit.

Kemudian kalo kita lihat dari penduduk ini sudah termasuk bercampur, cuma kalo seingat saya data di Kabupaten Labura ini,47% itu suku Jawa.

Misi-Visi Bupati Labura kepada Kabupaten LABURA Dengan manusia Cerdas,Sejahtera,dan Religius. Itulah Misi dan Visi bpk Bupati.

Jadi dikabupaten Labura ini,ada 82 Desa, 8 Kelurahan dan 8 Kecamatan. Mungkin ini sekedar perkenalan dari saya' sebagai Kaban Kesbangpol dan menyambut selamat datang di Bumi "Basimpul Kuat Babontuk Elok" bila mana ada penyambutan dan tutur sapa kami yang tidak berkenan dihati bapak,ibu,"kami atas nama pemerintah Kab.Labura pada Kesbangpol Labura Mohon Maaf dan Mohon izin kiranya bapak,ibu dapat memaafkan nya,"ucapnya.

Dikesempatan yang sama ketua FKDM Kab.Labura Purnawirawan Setu Warsono yang akrab dipanggil Setu, dalam sambutanya mengatakan,"izinkan saya ketua FKDM Kan.Labura menyampaikan sepatah kata,ada pepatah mengatakan' Tak Kenal Maka Tak Sayang, agar kita saling menyayangi dan saling kenal.izinkan saya mengenalkan nama diri saya, Kapten Purnawirawan Setu Warsono, cukup dikenal di Labura ini' Setu,"jelasnya.

Lanjutnya,"dan kepengurusan FKDM di Kab.Labura ini ada 11 pengurus terdiri dari dua sekretaris dan Delapan anggota, dan kepengurusan ini terdiri dari tokoh masyarakat,agama LSM,dan Media.sebelumnya keberadaan FKDM ini berjalan ditempat,Karna selama ini dari tokoh masyarakat dan tokoh agama tidak pernah ada memberikan informasi -informasi atau kegiatan apapun.sehingga ketua,Sekretaris ,wakil itu saja yang bekerja.

Sepertinya setelah dengan bergantinya kepengurusan 2022 ini dan saat ini kami belum dilantik atau dikukuhkan baru SK yang dikeluarkan di kepengurusan yang baru.mudah-mudahan untuk mencari perbandingan bapak-bapak dari Kab.Langkat tentunya nanti kami minta masukan. 

Bagaimana mungkin FKDM ini bisa efektif lagi walaupun dari prajurit para pengurus ini dari rekan-rekan ini dari PNS,ataupun dari umum yang tidak bisa disamakan dengan tugas prajurit.jadi kemungkinan nanti, masukan dari FKDM Langkat bisa juga jadi perbandingan kami kepengurusan disini yang jelas untuk wilayah di Kab Labura ini selama 1 periode saya pengurus FKDM ini tidak pernah terjadi hal-hal yang menonjol.

Kejadian-kejadian yang selama ini masih umum.keluhan disekitar kita saat ini masalah Narkoba, terus masalah kekerasan,pencurian kecil di Labura ini.

Tapi untuk masalah Narkoba kita ini di FKDM kan sifatnya hanya mencari,dan melaporkan bukan bertindak, kalo dari aparat penegak hukum sendiri tidak berbuat,terus kita sebagai masyarakat apa yang akan kita lakukan..!"

Kami berharap dari Kesbangpol Labura agar supaya dapat mengusulkan anggaran untuk FKDM Labura, agar kami bisa membuat kegiatan dan melaksanakan tugas-tugas kunjungan seperti bapak-bapak ini,"pintanya.

H.Ismadianto Karo Karo,Spdi,MM ketua FKDM Kab. Langkat dalam pertemuan itu mengatakan, "terima kasih kepada bapak Kaban Kesbangpol Labura dan Ketua FKDM Labura beserta jajarannya telah menyambut kedatangan kami yang sudah hadir di ruangan ini.

Terkhusus Kakan Kesbangpol Kab.Langkat Faisal Tazalwi,Sos. Dulu adalah sekretaris di Dinas Pariwisata. 

"Terimakasih Labura ini,saya punya kenangan manis di Kab.Labura ini pak',Karna Bupati pertama itu adalah ketua saya dan waktu kampanye pertama saya ikut disini,"tuturnya.

Lanjutnya, "Saya perkenalkan rombongan saya ada Seri Anita Barus, bidang Kasi ket.Sosial ekonomi, Dra.Puan Merina MTD Kesbangpol ,Sri Amelia Putri, Kesbangpol, Putra bidang Drever, Rahmat,LSI beliau ketua Partai Persatuan Pembangunan Langkat,Maulana Akbar Sanjani adalah sekretaris KNPI DPD KNPI Kab.Langkat, selamat,SPD guru senior kami, dan Mahmudzar.

Sebelum saya lanjutkan, sedikit saya berpantun untuk Labura ini,"Bersimpuh Kuat Babontuk Elok, adalah Mutu Kab.Labura, Bersetatus Kita Berpadu Jaya mutu Kabupaten Langkat "Jauh Kami Berjalan Kami Datang Ke Labura Menjalin Silaturahmi Antar FKDM. Ada Nelayan Menangkap Ikan,Ikan Dibakar Diperinggi, Saudara Bukan Keluarga pun Bukan,Kami Datang Akan Silaturahmi".

"Sama yang dikatakan bpk Kakan Kesbang kami tadi,bahwa ada kemiripan Langkat dengan Labura, bahwasanya masyarakat pada waktu itu tahun 1862 bahwa ada tempat namanya Labuhan Bilik Bahwa masyarakat pada saat itu membuat penangkar bersandar Kapal dari Banten maka masyarakat menyebut Labuhan Bilik jadi Labuhan Batu.

Sebelum Labuhan Batu dimekarkan menjadi Labuhanbatu Utara, lalu kenapa saya sampaikan,Karna itu menjadi kajian kami di FKDM Langkat sehingga kami datang kemari.apa yang terjadi; ternyata saya baca dari konsep Triologi Budaya bahwa Labura ini mirip identik dengan adanya kesultanan Kota Pinang,ada kesulitanan Kulauh,ada kesultanan Bilah, dan Sri Bilah.

Jadi ternyata dari segi Antropologi budaya Langkat itu dan setelah saya baca,kait berkait akan kasultanan ini,sampai kesultanan Asia, lalu apa yang akan kami petik dari Kab.Labura ini,bahwa wilayah yang sama akan menemui cara yang sama,dalam konsep penanganan baik dalam pembangunan, ataupun konflik.

Langkat itu punya daerah Laut,bahkan Mangroup nya, itu sudah sampai kemanca negara, dan perkebunan PTP juga ada. Artinya sama dengan Labura.

Sedikit tidak banyak yang saya mau sampaikan,ini hanya sebagai sering saja,"kalo kami pak di Langkat ada 11 pengurus Kabupaten,di kecamatan itu bakal ada 5 kecamatan dan akan kita bentuk, di Desa,dan kelurahan.

"Langkat itu mempunyai luas 6000 lebih wilayah 11 anggota di kecamatan, 5 atau sesuai kebutuhan ada di kecamatan dan ada 23 kecamatan yang ada di Langkat 277 Desa,dan Kelurahan yang ada di Langkat.

Itulah yang akan kita jamah,itulah yang akan kita sebut,makanya kami harus banyak refrensi perbaikan refrensi bagaimana bajati pastinya, Karna bajati ini penting pak'..!

Langkat itu pak; dari ujung hulu sampai ke hilir 1 hari gak siap kita menjalaninya.sampai perbatasan Aceh,itu hampir gak cukup 1 hari untuk menjalaninya sangking luasnya,sangking lebarnya.

Maka kami juga dapat ilmu dari kabupaten Batu Bara, ternyata Batu Bara itu, mereka pengurus nya dapat intensif apakah dikasih,apakah transport namanya mereka dapat perbulan. Ketuanya dapat 700 ribu dan anggota 600 ribu per bulanya.

Karena apa memang pada waktu itu kami di Langkat dibatasi dengan PP 33 itu penyebab kita. Sekda pada waktu itu ragu dengan pembiayaan yang ada di FKDM ini.

Jadi kami dilangkat sudah ada Aplikasi FKDM Langkat sudah ada aplikasi pelaporan,jadi kecamatan melaporkan kejadian sesuatu tertentu makanya secara otomatis masuk dalam laporan aplikasi yang ada di FKDM Langkat masuk dalam bidang ideologi masuk dalam bidang ideologi,bidang bencana alam masuk dalam bidang bencana alam.jadi tersistematis dan itu terintegrasi dengan Kesbangpol Karna kita menumpang di wefset nya Kesbangpol.

 "Saya kira ini sekedar informasi mana yang kurang akan kita tambai, mana yang lebih mungkin dari bapak-bapak,akan kami ambil untuk refrensi kami di Langkat.

Demikianlah kalo ada yang salah-salah mohon dimaafkan,"ucap ketua FKDM Langkat mengahiri kata sambutnya.

Pertemuan silaturahmi itu, berlangsung akrab dan rasa kekeluargaan serta tebar tawa dan canda.usai acara mengabadikan Poto bersama, dan makan siang bersama.

(Eko s.rino)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami