Pemerintah Aceh Tenggara Serahkan Bantuan Benih Ikan ke Pokdakan


Kutacane, bidikkasusnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) melalui Dinas Perikanan Kabupaten setempat menyerahkan bantuan pakan dan bibit ikan kepada puluhan kelompok pembudidaya Ikan (Pokdakan) di daerah setempat, pada Jumat (11/11). 

Bantuan pengelolaan pembudidayaan ikan tersebut bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada Dinas Perikanan Aceh Tenggara Tahun Anggaran (TA) 2022.

Kabid pengolahan dan pemasaran sekaligus PPTK kegiatan Dinas Perikanan Agara Heryanto mengatakan, total pokdakan penerima bantuan pangan dan bibit ikan berjumlah sebanyak 55 Pokdakan. Dengan rincian yaitu, untuk bantuan pangan dan bibit ikan mas kepada 21 kelompok, bantuan pakan dan bibit ikan nila kepada 11 kelompok dan 23 kelompok sisanya mendapatkan bantuan pakan dan bibit ikan lele. 

Dikatakan Heryanto, bantuan ini disalurkan setelah Pj Bupati Agara menetapkan surat keputusan tentang penetapan kelompok penerima bantuan hibah daerah dan disalurkan setelah naskah perjanjian hibah daerah ditandatangani oleh Pokdakan.

"Dimana di naskah disebutkan bahwasannya bantuan setelah di serahkan menjadi tanggungjawab mutlak penerima manfaat dan dipergunakan sebagaimana mestinya, " kata Heryanto kepada bidikkasusnews.com (11/11). 

Heryanto menyebut, jika hari ini pihaknya menyerahkan bantuan pakan dan bibit ikan lele kepada sebanyak 23 kelompok pembudidaya ikan, dan sebelumnya pada Rabu dan Kamis lalu kita juga sudah menyerah bantuan pakan dan bibit ikan Mas dan Nila, timpal Heryanto. 

Asisten II Setdakab Agara Zulkarnaen yang turut hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan tersebut mengatakan, agar Pokdakan memanfaatkan bantuan dari Pemkab Agara sebaik-baiknya guna meningkatkan perekonomian pembudidaya ikan. 

Zulkarnaen menegaskan kepada Pokdakan penerima bantuan agar tidak memindah tangankan bantuan tersebut kepada pihak lain dengan alasan apa pun. 

"Kami menekankan jangan ada bantuan yang di pindah tangan kan (dijual atau di alihkan) kepada orang lain," tegas Zulkarnaen. 

Karena banyak masyarakat lain yang menginginkan namun belum mendapatkan, jadi manfaatkan sebaiknya, Imbuh Zulkarnaen menambahkan.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami