Bupati & Kapolres Samosir Hadiri Dan Berikan Sambutan Pada Apel Kesiapan, Pengukuhan Serta Bimtek Petugas Pantarlih Sekab. Samosir (Kec. Pangururan)

Samosir, bidikkasusnews. Com - Sebagaimana dengan daerah lainnya di seluruh Wilayah Kesatuan Republik Indonesia, hari ini Minggu, 12-2-2023 yang dimulai sejak pukul 8.30 wib diadakan serentak Apel Kesiapan, Pengukuhan serta Bimtek bagi para petugas Pantarlih yang telah terpilih melalui proses seleksi untuk petugas Sekabupaten Samosir. 

Kegiatan yang diadakan di lapangan Terminal Onan Baru Pangururan. Kegiatan pagi ini dihadiri diantaranya ; Bupati Samosir Vandico T. Gultom, ST, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SH, SIK, MH, Ketua KPUD Samosir Ika Rolina Samosir selaku penyelenggara sebagai mana amanat undang undang. Turut pula hadir para komisioner KPUD. Hadir juga Dandim. 0210/TU yang diwakili oleh Danramil Pangururan, mewakili Kajari Samosir, Kapolsek Pangururan, Camat Pangururan, para Staf KPU, para Ketua PPK Pangururan, para Ketua PPS Kec. Pangururan.

Adapun kegiatan ini Berdasarkan surat KPU RI No 124 / PL.01-SD / 14 / 2023 Perihal Penjadwalan Pendataan PPS Pelaksanaan Apel Kesiapan Pantarlih, Pengukuhan Pantarlih serta Bimtek pada Pemilu 2024.

Yang meliputi sembilan kecamatan yang ada di Samosir dengan jumlah peserta berjumlah 464 peserta.

Untuk Kegiatan Pelaksanaan Apel Kesiapan Pantarlih, Pengukuhan Pantarlih serta Bimtek di Kec.Simanindo, Sianjur Mula-Mula, Harian, Palipi, Sitiotio, Nainggolan, Onanrunggu, Ronggurnihuta dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Masing-Masing dan di hadiri oleh Camat, Kapolsek, PPK, PPS dan Pantarlih tiap kecamatan.

Pada kegiatan pagi ini turut memberi kata sambutan diantaranya ;

Ketua KPUD Kab. Samosir Ika Rolina Samosir SE, yang membacakan kata sambutan Ketua KPU RI.

"Segala Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat RahmatNya kita bisa berkumpul pada kesempatan ini dalam rangka apel kesiapan Pantarlih yang dilakukan serentak pada 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota se Indonesia.

Tahapan penyusunan daftar pemilih meruapakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya pemilihan umum. 

Pemuktahiran data pemilih menentukan bagi tahapan pemilu selanjutnya, jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya akan terganggu. 

Pantarlih meruapakan ujung tombak dalam pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih, untuk itu perlu dilakukannya berkoordinasi dengan tokoh masyarakat lokal pada saat akan dimulai dan selesai dilakukan Coklit.

Dalam setiap pelaksanaan Coklit Pantarlih wajib menggunakan atribut atau kelengkapan pantarlih.

Apabila ada hal-hal yang belum jelas agar berkoordinasi dengan PPS, PPK ataupun KPUD Kabupaten/Kota.

Kami mengucapkan selamat bekerja kepada semua Pantarlih semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kesehatan, keselamatan dan keindahan bagi kita semua dalam menjalankan tugas,"demikian disampaikan mengakhiri pembacaan dalam sambutannya.

Selanjutnya penyampaian sambutan oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST. Pada sambutannya menyampaikan, "marilah kita panjatkan Puji, syukur dan Terima kasih Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karuniaNya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat dalam rangka apel kesiapan pelaksanaan Pantarlih pada pemilu 2024.

Kita mengetahui bersama Undang-undang No 7 Tahun 2017 dan Undang-undang No 10 tahun 2016 telah mengamanahkan bahwa pada tahun 2024 akan dilaksanakan pemilihan umum secara serentak dalam 1 tahun yaitu pemilihan Presiden, Legislatif, dan pemilihan Kepala Daerah. 

Pada hari ini kita berada pada tahapan pemuktahiran data pemilih, dan penyusunan daftar pemilih yang prosesnya di mulai sejak 14 October 2022 sampai dengan 21 Juni 2023.

Ditegaskan bahwa tugas yang dijalankan oleh Pantarlih tentu adalah merupakan tugas yang sangat penting dan strategis, karena menyangkut hak Konstitusi Warga Negara dalam menggunakan hak pilih nya, demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu.

Kami harapkan Pantarlih untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik dan teliti serta bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait. 

Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh Masyarakat Kabupaten Samosir untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024 dengan mendukung, membantu melancarkan tugas dan kerja dari pada petugas Pantarlih dalam pemutahiran data pemilih.

Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan selamat bekerja bertugas kepada seluruh petugas pemuktahiran data pemilih," demikian mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya kesempatan pada Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman,S.H.,S.I.K.,M.H memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan, "Segala dan Puji Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat RahmatNya kita bisa berkumpul pada kesempatan ini.

Kami harap seluruh penyelenggara pemilu agar bekerja sesuai ketentuan yang berlaku pada Pemilu 2024, agar Pantarlih bekerja dengan ikhlas untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Agar tahapan penyusunan data daftar pemilih dilakukan dengan teliti supaya tidak bermasalah, jangan ada lagi data yang tidak valid pada pelaksanaan pemilu nanti, " dimikian disampaikan mengnyudahi sambutannya.

Pelaksanaan kegiatan hari ini juga ditandai dengan penyematan rompi petugas bagi beberapa perwakilan petugas pantarlih secara simbolik, yang dilakukan oleh para Pimpinan Forkopimda. 

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami