Forkopimda Samosir Gelar Rapat Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Toba 2023

Samosir, bidikkasusnews. Com - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Samosir menggelar rapat lintas sektoral kesiapan operasi Ketupat Toba 2023 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H diwilayah Kabupaten Samosir. Rapat tersebut digelar di Aula Kantor Bupati Samosir hari ini Rabu, 12-4-2023.

Hadir dalam rapat tersebut diantaranya Bupati Samosir yang diwakili Pj. Sekda Samosir Drs. Waston Simbolon, Kapolres Samosir AKBP. Yogie Hardiman, Ketua DPRD Samosir Sorta E. Siahaan, Dandim 0210/TU yang diwakili Pabung AS. Butarbutar, Kajari Samosir yang diwakili Kasi Intel Richard Simaremare, Ketua PN Balige yang diwakili Leotua H. Tampubolon, PJU Polres Samosir, Kapolsek se-wilayah Polres Samosir, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Satpol PP, BPBD, Dinas Kopnakerindag, BMKG Silangit, Camat se-Kabupaten Samosir, KSOPP Danau Toba, PT. ASDP, PT. PPSU, Pengelola KMP Tao Toba, OPS Kapal Konvensional, Pengusaha Mobil Angkutan dan Pengelola SPBU.

Kapolres Samosir AKBP. Yogie Hardiman saat membuka acara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa liburan lebaran tahun ini, diprediksi akan terjadi peningkatan pengunjung dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk itulah diperlukan persiapan pengamanan dan pelayanan terkait kegiatan masyarakat dan pengunjung yang datang ke Samosir. 

Kapolres menghimbau kepada seluruh jajaran, baik kepolisian, TNI dan pemerintah agar bersama-sama melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap kendaraan-kendaraan umum dan kesiapan pengendaranya.

Kepada Dinas Perhubungan dihimbau untuk menambah rambu-rambu peringatan serta himbauan di area jalan Tele, dengan harapan agar pengendara tidak lalai dengan tujuan menghindari kecelakaan.

Bupati Samosir melalui Pj. Sekda Drs. Waston Simbolon menambahkan, bahwa agenda liburan lebaran tahun ini akan lebih panjang, karena hampir dipastikan bahwa bukan hanya pengunjung yang akan datang tetapi juga para perantau putra-putri asal Samosir akan pulang kampung.

Untuk itulah perlu titik-titik pos pengamanan yang akan mengatur sehingga tidak terjadi kemacetan, baik pada jalur darat dan jalur penyeberangan danau. Demikian halnya pada stasiun pengisian BBM, dimana pada lokasi ini menjadi salah satu titik rawan terjadinya kemacetan. 

Demi kelancaran, Waston Simbolon meminta pengelola angkutan penyeberangan tetap melakukan koordinasi dengan pos pengamanan, serta melayani penumpang hingga antrian terakhir dengan mengedepankan keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Terkait penanganan sampah dan pengawasan di lokasi objek wisata, Sekda meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bersinergi dengan para Camat dan Kepala Desa.

Dalam rapat ini, Polres Samosir, instansi terkait, pengelola jasa angkutan dan penyeberangan, melakukan pemaparan terkait sejumlah kesiapan armada, personel, Pos Pengamanan dan Pelayanan Terpadu Masyarakat serta langkah-langkah pengamanan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka menghadapi libur lebaran tahun ini.

Pada akhir rapat, Ketua DPRD Samosir Sorta E. Siahaan mengapresiasi sinergitas seluruh lintas sektoral dalam upaya pengamanan libur lebaran ini. Dirinya berharap masing-masing instansi dapat melaksanakan SOP yang sudah dipaparkan nantinya di lapangan, serta meminimalisir kesalahan-kesalahan sekecil apapun.

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami