Seleksi Penerimaan Anggota Muda Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara

Medan, bidikkasusnews.com - Dalam upaya menuju terwujudnya profesionalisme buat para wartawan yang ada di provinsi Sumatera Utara hari ini PWI Sumut melaksanakan Ujian Seleksi Penerimaan Anggota Muda PWI Sumut.

Seleksi yang dilaksanakan Sabtu, 16-12-2032 mengambil tempat di Hotel Madani Jl. Sisingamangaraja kota Medan.

Ujian diikuti sebanyak 55 orang wartawan yang berasal dari berbagai media yang selama ini melakukan tugas profesinya di kabupaten kota yang ada di provinsi Sumatera Utara.

Setelah melaksanakan ujian tulis dengan menjawab pertanyaan yang ada dilembaran yang sudah disiapkan oleh panitia. Panitia memberikan waktu bagi para peserta untuk menjawab soal selama satu jam.

Setelah seluruh peserta ujian menyelesaikan ujian tertulisnya, selanjutnya para peserta diuji kemampuannya dalam membuat berita seputar pelaksanaan Ujian.

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik pada pelaksanaan ujian ini hadir langsung memantau jalannya ujian. 

Selanjutnya ketua menyampaikan sambutannya yang diawali penyampaian salam dan ucapan selamat kepada para peserta ujian.

Tak lupa Farianda selaku ketua PWI Sumut memperkenalkan jajaran pengurus PWI Sumut yang saat ini hadir dan yang terlibat langsung dalam mempersiapkan segala hal tuk suksesnya pelaksanaan ujian hari ini. 

Adapun jajaran pengurus yang sempat di sebutkan diantaranya ; wakil ketua bidang organisasi Rifki Warisan, wakil ketua bidang Pendidikan Sugiatmo, wakil ketua bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Amrizal, wakil ketua bidang Media Siber dan Multimedia Austin Tumengkol, wakil ketua bidang Kerjasama Proklamasi Naibaho, wakil ketua bidang Kesejahteraan Ahmad Rivai Paruduri dan beberapa wakil ketua bidang lainnya.

Juga jajaran Sekretaris SR Hamonangan Panggabean, Wakil Sekretaris I Riza Mulyadi, Wakil Sekretaris II Julia Nuraini Tarigan dan Bendahara Hartati Rangkuti, Wakil Bendahara Laswiyati Wakid juga beberapa pengurus seksi lainnya.

Dalam penyampaiannya ketua PWI Sumut menekankan pentingnya bagi seorang wartawan mengikuti ujian ini, disampaikannya,"dengan ujian ini anda akan benar menjadi wartawan yang sesungguhnya saat anda dinyatakan lulus.

Dikatakan pula bahwa saat ini sudah sangat penting buat setiap wartawan lulus menjadi anggota PWI, karena dengan kelulusan tersebut maka kalian akan dinyatakan sah menjadi anggota PWI.

Yang sangat tegas ditekankan kepada para peserta ujian agar dalam pelaksanaann ujian yakni dalam membuat berita agar jangan ada satu pun wartawan yang membuat berita dengan mengcopy paste berita yang dibuat oleh rekannya, jika ini terjadi maka diyakini orang itu tidak akan bisa lulus.

Betapa pentingnya bagi setiap wartawan yang sudah menjadi anggota PWI karena akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya ;

Pertama, adanya asuransi yang dapat diterima oleh wartawan didalam melaksanakan tugas jurnalistiknya (jaminan sosial sebesar 45 juta, jaminan keselamatan, jika ada wartawan yang mengalami kecelakaan maka akan mendapatkan asuransi kira kira sebesar 85 juta.

Kedua, ketika wartawan mendapat masalah dalam pemberitaannya maka PWI akan menyiapkan pendampingan hukum (advokasi) terlabih PWI akan melindungi anggotanya dari intervensi, ancaman dari pihak manapun,

Ketiga, akan memberikan peningkatan sumberdaya wartawan itu sendiri menuju pada profesionalisme wartawan," demikian disampaikannya.

Farianda juga menekankan pada pentingnya seorang wartawan mengetahui etika jurnalistik melalui pengetahuan atas kode etik jurnalis.

Ditambahkannya bahwa saat ini PWI Sumut sudah memiliki anggota sebanyak lebih dari 600 orang, yang secara kuantitas bisa dianggap sudah mencukupi, oleh karena itu PWI Sumut kedepannya akan terus melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepada para jurnalis guna peningkatan kualitas,," demikian ditambahkan beliau mengakhiri sambutannya.

(Bastian Simbolon) 

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami