Laksma (Purn) Marhuale Simbolon S.Pi Melaksanakan Acara Meminta Doa Restu Kepada Keluarga Besar Situmorang Selaku Paman, Untuk Maju Menjadi Calon Bupati Samosir

Samosir, bidikkasusnews.com - Calon bupati Samosir Laksma (Purn)  Marhuale Simbolon S.Pi yang berpasangan dengan bapak Ir.  Guntur Sinaga, MM "MARGUNA" melaksanakan acara meminta Doa Restu kepada Keluarga Besar Situmorang. Meminta Doa Restu yang berlangsung Jumat, 13-03-2020 berada di rumah kelurga bapak Lamto Situmorang / boru Parhusip (Ama Duma) di Huta Batuara Desa Urat Timur Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir.

Acara yang sangat penting dilaksanakan oleh bapak Marhuale Simbolon memingat rencana beliau untuk maju menjadi calon bupati samosir periode 2020-2024. Acara yang sangat memiliki arti dalam adat batak. Sebagai mana ada ungkapan di masyarakat batak "Sambola Langit Do Tangiang Ni Tulang" yang artinya Doa Paman Kepada Keponakannya Sangat Luas, Basar Hampir Setengah Cakrawala.

Bagi bapak Marhuale bahwa beliau akan semakin memiliki kekuatan dan rasa percaya bahwa rencananya akan di restui keluarga besar pamannya marga Situmorang bukan hanya di kecamatan Palipi melainkan di seluruh wilayah kabupaten Samosir.
Secara silsila bahwa bapak Marhuale Simbolon lahir dari ibu boru Situmorang, sementara yang melahirkan ibu dari bapak Marhuale adalah boru Sinurat (Op. Haruntung) dan satu tangga ke atas, Opung boru dari ibu yang melahirkan bapak Marhuale adalah boru Manik.

Sebelum acara meminta doa restu di laksanakan, bapak Marhuale dan keluarga berangkat berjiarah kemakam (Tugu)  Op. Mangarerak Situmotamg/boru Manik.

Dalam acara meminta doa restu hari ini bapak Marhuale dan istri di sematkan Olos satu set dengan Sor Tali sebagai lambang restu untuk setiap orang yang akan maju untuk menjadi raja/pemimpin. Disaat menyematkan Ulos dan Sor Tali beserta Topi Raja oleh paman (keluarga besar marga Situmorang) di ucapkan doa dan pepatah orang batak "Didolok Partanggalan, ditoruan parbubuan, Dapotma najinalahan, jumpa Ma na niluluan" yang menjadi ungkapan bahwa paman Situmorang memberikan restu dan memberangkatkan bapak Marhuale dan istri Rospita Silalahi juga keluarga calon wakilnya yakni Ir. Guntur Sinaga MM boru Panjaitan untuk maju dalam pemilihan bupati dan wakil bupati samosir tahun ini,  mendoakan agar mereka diberkati Tuhan keberhasilan dan kemenangan pada pemilihan yang datang.

Pada acara hari ini keluarga besar marga Parhusip selaku bona tulang juga menyematkan Ulos dan mengucapkan, memberi restu kepada bapak Marhuale Simbolon selaku Cucu marga Parhusip.
Disampaikan bahah kami seluruh ompung mu mendoakan cucu kami untuk maju dalam pemilihan bupati bulan Sepember mendatang, kami beharap cucu kami akan menang dan akan menjadi bupati samosir, kami sangat percaya cucu kami akan memimpin kabupaten samosir jauh lebih baik.

Selanjutnya keluarga besar marga Manik selaku bona ni ari bapak Marhuale juga mlakukan hal yang sama, menyematkan ulos dan menyampaikan restu kepada pasangan calon bupati yang telah mendaftar ke KPUD dan sudah di terima lengkap berkasnya.
Kami berdoa kepada Tuhan agar pasangan MARGUNA menang dan akan memimpin Samosir jauh lebih maju.
(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami