PTPN IV Tingkatkan Kepedulian Dan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Lingkungan

Pematang Siantar, bidikkasusnews.com - PT. Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) yang menjadi salah satu anak perusahaan holding perkebunan, dikenal sebagai perusahaan yang menjalankan usaha dalam bidang Agrobisnis dengan mengelola dua komoditi masing masing perkebunan kelapa sawit dan perkebunan teh yang areal perkebunannya tersebar di wilayah provinsi sumatera Utara.
Untuk mengelola hasil perkebunan PTPN IV juga menjalankan usaha Agroindustri, berupa 16 unit Pabrik Kelapa Sawit dan 2 unit Pabrik Teh, serta mengelola balai benih kelapa sawit yang terdapat di unit usaha kebun adolina.

Dalam menjalankan usahanya sebagai perusahaan milik negara, PTPN IV selama ini dikenal sebagai salah satu perusahaan yang ikut melaksanakan dan menunjang  program pemerintah dalam bidang peningkatan ekonomi dan pembangunan serta mencapai keuntungan berdasarkan prinsip prinsip perusahaan yang sehat sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara.

Kemudian dalam mengelola usahanya,  PTPN IV juga dikenal sebagai perusahaan perkebunan yang selalu menyelaraskan kegiatan usahanya dengan lingkungan sekitar. Bahkan PTPN IV sering hadir ke tengah masyarakat dan berpartisipasi untuk memberdayakan dan mengembangkan ekonomi masyarakat terutama masyarakat lingkungan sekitar dengan program kemitraan yang dikelola melalui Program Kerja Bina Lingkungan ( PKBL) 

Salah satu program yang dilaksanakan oleh PTPN IV untuk meningkatkan pembangunan lingkungan adalah melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR), dimana program ini merupakan wujud dari kepedulian perusahaan terhadap tanggung jawab sosial untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan.

Pelaksanaan program  CSR diwilayah kerja PTPN IV, dilaksanakan melalui unit kebun yang tersebar diwilayah provinsi Sumatera Utara dan sebagai contoh, dari data yang diperoleh, PTPN IV melalui unit kebun yang ada di Distrik III Pabatu telah membangun sejumlah kebutuhan masyarakat terutama masyarakat yang ada dilingkungan perusahaan, seperti pembangunan gedung madrasah di unit kebun Adolina, pembangunan mesjid di Pabatu dan kegiatan bedah rumah.

Sejak ditetapkannya  Corona  Virus Disease ( Covid 19 ) sebagai Pandemi global oleh World  Healt Organization ( WHO ), Distrik III, PTPN IV, telah aktif dalam mendukung pemerintah  terutama dalam mencegah penyebaran  Covid-19 dan membantu masyarakat yang terdampak pandemi  dengan berbagai kegiatan sosial seperti melakukan penyemprotan disinfektan  dan pembagian sembako kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar perusahaan.

Bahkan dari data yang diperoleh Distrik III, PTPN IV juga sering bersinergi dengan unit unit usaha yang dibawah satuan kerja Distrik III untuk bersama sama membantu perekonomian masyarakat khususnya masyarakat yang berdomisili di Indonesia sekitar perusahaan.

Oktafif Handry Lubis, atau yang biasa dipanggil Andre Lubis SH, kepala bidang Sdm dan umum Distrik III didampingi KTU, Senin, 12 Oktober 2020, membenarkan bahwa program Bina Lingkungan di wilayah kerja Distrk III, PTPN IV telah berjalan dengan baik.  (M Said Nasution)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami