KM AINA JAYA NYARIS TENGGELAM DILAUT DISELAMATKAN KAPAL PATROLI TNI AL BELAWAN

 


Belawan, Bidikkasusnews.com -  Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Teluk Nibung Unsur Satrol Lantamal I berhasil menyelamatkan ABK Kapal KM. Aina Jaya yang mengalami kebocoran  akibat kandas di Bouy 9 yang nyaris tenggelam di  Perairan Belawan. Sabtu, (26/12/2020).

Peristiwa yang terjadi pada hari Jumat, pukul 17.00 WIB KM. Aina Jaya GT 6 yang dinakhodai oleh Saudara Edy Apriyanto (23) sedang berlayar menuju daerah Sawit Seberang untuk mengangkut hasil perkebunan sawit, menabrak beting/kedangkalan  sehingga mengakibatkan kebocoran kapal. Kebocoran ini mengakibatkan mesin kapal mati sedangkan mesin alkon yang dipakai untuk membantu menyedot air keluar dari kapal tidak dapat bekerja. 

Patkamla Teluk Nibung yang pada saat kejadian sedang melaksanakan Patroli Alur dengan penuh kesigapan merespon dan segera memberikan bantuan pertolongan dengan mencari kapal yang dapat menarik KM. Aina Jaya dari posisi kebocoran menuju perairan yang terdekat. Dan pada posisi Koordinat 03°48'43" U - 098°43'24"T berhasil dikandaskan. Seluruh ABK yang berjumlah 4 (empat) orang dapat diselamatkan dan dievakuasi ke Patkamla Teluk Nibung untuk pertolongan lanjutan.

Kesigapan dan respon cepat Patkamla Teluk Nibung ini merupakan perwujudan dari perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. agar seluruh prajurit TNI AL senantiasa menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso segera memerintahkan untuk segera memberi bantuan sepenuhnya kepada ABK KM. Aina Jaya yang selamat sampai diserahkan kepada keluarga masing-masing. Dan ini adalah suatu bentuk rasa tanggung jawab TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal I untuk menjaga keamanan dan keselamatan dengan memberikan pertolongan kepada masyarakat nelayan yang mendapat musibah di perairan Belawan.

Sedangkan nama-nama ABK KM. Aina Jaya GT. 6 adalah Edy Apriyanto (23) alamat LK. V Kolam Dalam  Kel. Pekan Gebang Kec.Gebang, Darmono (67) alamat Dusun Perumnas Kel. Tanjung Putus Kec. Padang Tualang, Sukirman (40) alamat Dusun III Kr. Gading Kel. Kr. Gading Kec. Labuhan Deli,  Subinanto (54) alamat Jl. Pringgan Kel. Pekan Gebang Kec. Gebang. 

Akibat kecelakaan ini kerugian yang dialami adalah KM Aina Jaya GT 6 kandas diperairan Bouy 9, sedangkan keempat ABK KM Aina Jaya GT 6 saat ini berada di Patkamla Teluk Nibung untuk mengecekan kesehatan dan menunggu keluarga yang akan menjemput.

(SURYONO)

Artikel Terkait

Mrdan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami