Manjapuik nan Tacicia, Mambutia nan Tatingga


Bonjo, Bidikkasusnews.com - mengikat kembali tali silahturahmi dengan Ninik mamak, tuo malin Nagari Limo Koto Kecamatan Bonjol yang sudah lama  terabaikan, pada Jumat (27/11/2020) lalu.

Hal ini di ungkapkan oleh Ismed Wali Nagari Limo Koto kepada awak media.

"selama ini tokoh masyarakat Nagari tersebut sedikit terabaikan, maka dari itu saya sebagai wali Nagari yang di besarkan oleh semua lapisan masyarakat dan salah satunya dari kalangan Ninik mamak beserta Patikan Adat didalam kampung, sebagai mana kato pepatah adaik Minang Kabau yakni mambangkiak Batang tarandam" ungkap Ismed.

Lebih lanjut beliau mengurai bahwa Ninik mamak merupakan tokoh-tokoh yang memiliki ilmu yang luar biasa.

"ninik mamak memiliki ilmu yang luar biasa, semua mereka miliki dan pembagian kerja yang tersusun dan tertata sedemikian rupa" tambah Ismed.

Beliau menjelaskan bahwa Ninik mamak, Alim Ulama dan cerdik Pandai merupakan tokoh yang di umpamakan sebagai Tungku Nan Tigo Sajarangan.


"saya sangat mendukung penuh dan mengharapkan bantuan dari Lapisan Ninik Mamak untuk menjaga dan memajukan Nagari Limo Koto ini kearah yang lebih baik, mulai melalui tantanan adat istiadat hingga kegiatan syara' yang berfungsi untuk memperbaiki etika, moral dan Akhlaq Masyarakat", tukuknya lagi.

Seterusnya Ismed juga menjelaskan bahwa Karapatan Adat Nagari dan Pihaknya tetap bersinergi demi kemajuan Nagari kearah yang lebih baik.

"kami dari pemerintah nagari bekerjasama dengan pihak ninik mamak di nagari ini saciok bak ayam, sadanciang bak basi, tatungkuik samo maham tanah, tatilantang samo minum ambun, demi Nagari yang beradat," imbuh Ismed lagi sekaligus menutup Pembicaraannya.

(Ayang Pardede)

Artikel Terkait

Berita|Sumbar|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami