Pekerjaan Perkerasan Jalan Desa Sialanguan Lompat Tahun Dan Menggunakan Material Tidak Layak


Samosir, bidikkasusnews.com - Selasa, 19-1-2021 Saat melaksanakan monitoring ke desa Sialanguan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, Kabiro bidikkasusnews.com Bastian Simbolon bersama tim berhasil menemukan lokasi proyek Pekerjaan Perkerasan Jalan di salah satu dusun di desa Sialanguan.

Awalnya tidak menduga bahwa dilokasi itu ada proyek yang dibangun dengan dana desa Tahun Anggaran 2020 yang lalu, yang sampai di temukan belum juga selesai.

Melihat ada sebuah mobil truk yang baru keluar dari lokasi, kami mencoba memastikan apa yang baru di antarkan truk tersebut, akhirnya dapat kami mengetahui bahwa mobil truk tersebut baru selesai menurunkan material berupa tanah berlumpur bercampur tanah keras yang hampir menyerpahi batuan. Material tersebut yang di pakai sebagai pengganti sirtu yang semesti di pakai untuk di hampar menutup susunan batu pecah untuk pekerjaan perkerasan jalan.

Sangat banyak kejanggalan temuan di lapangan, mulai dari posisi penumpukan material yang tepat ditengah menutupi seluruh badan jalan yang membuat tidak bisa masuk kelokasi pekerjaan yang membuat kesulitan bagi pihak lain untuk mengetahui bahwa dilokasi tersebut ada pekerjaan yang menggunakan anggaran dari Dana Desa. Hal lain bahwa dilokasi proyek tidak ditemukan adanya Papan Proyek.

Demikian pula pekerjaan lain selain perkerasan jalan dilokasi yang sama ada juga pekerjaan pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang kondisinya banyak didapati retak retak juga pekerjaan saluran yang panjangnya hampir sama dengan pekerjaan perkerasan yang kurang lebih sepanjang 250 M.

Tim media melihat sampah sak semen yang berserakan di mana mana yang membuat kondisi di lokasi proyek sangat berantakan.

Dari lokasi proyek tim sempat membawa sample material yang di buat menjadi sirtu (pasir berbatu).

Dari lokasi proyek tim langsung menuju kekantor desa untuk meminta penjelasan dari pihak pemerintah desa (TPK dan Kepala Desa), sayang setiba di kantor desa tim tidak menemukan TPK dan Kepala Desa, hanya bertemu dengan kaur kesra saudari Masdalina Wati Situmorang bersama dua orang aparatur desa lainnya.

Dari saudari Masdalina di ketahui bahwa TPK adalah saudara Malutar Sinaga. Dari kantor desa tim mencoba menghubungi kepala desa Sialanguan Kornedi Situgkir melalui telepon selulernya, namun sampai beberapa kali tidak juga di angkat.

Bastian Simbolon yang juga merupakan Ketua LSM LPPAS RI Kab. Samosir melalui lembaga yang dipimpinnya berencana untuk segerah menyurati kepala desa Sialanguan untuk meminta keterangan lebih jauh akan semua kejanggalan atas penggunaan Dana Desa Sialanguan Tahun Anggaran 2020 yang lalu, dan akan menembuskan surat tersebut kepada bupati samosir dan pihak Inspektorat.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami