PT STTC Didemo Warga Belawan Sengketa Lahan oleh Massa AMBB

Belawan, bidikkasusnews.com - Seratusan masyarakat Belawan yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Belawan Bersatu (AMBB) berunjukrasa di depan pintu gerbang proyek PT.Sumatera Tobaco Trading Company (PT.STTC), Selasa (5/1/2021).

Dengan membentang spanduk dan membakar ban, masyarakat menduga adanya tindak pidana penyerobotan tanah di Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, yang diduga dilakukan pihak perusahaan PT.STTC.

Informasinya lahan seluas 25 × 574,24 M2 (13.431 M2) telah dihibahkan oleh Mujianto untuk digunakan sebaga fasilitas umum. Belakangan tanah yang dipecah dari luas tanah 109.172 M2 sesuai dengan SHM nomor 720, diduga berali dan dikuasai untuk pengembangan PT.STTC.

Dalam orasinya Samato Duha selaku Koordinator aksi mengatakan, masyarakat meminta pihak STTC untuk menghentikan pembangunan dan membuka akses jalan yang telah direncanakan oleh BPN Kota Medan sebagai jalan masyarakat di atas lahan milik masyarakat Kelurahan Belawan Bahari yang telah dihibahkan Mujianto kepada masyarakat pada tahun 2011 lalu.

"Atas dasar surat hibah Mujianto serta hasil notulen rapat dari kepala BPN Kota Medan bahwa benar lahan yang dimaksud seluas 13.431 M2 tersebut tidak pernah di jual belikan ke siapa pun. Bahwa benar lahan seluas tersebut diperuntukan sebagai fasilitas umum masyarakat untuk jalan masyarakat Belawan Bahari," terang Samato Duha.

Atas saran kepala BPN Kota Medan, sambung Samato, masyarakat Belawan Bahari selaku penerima hibah untuk melakukan pemasangan tanda batas lahan yang di hibahkan. Meminta kepada PT.STTC untuk segera memberikan instruksi kepada pekerja agar merubuhkan tembok yang menutupi akses jalan masyarakat Belawan Bahari atau masyarkat sendiri yang akan merobohkan tembok tersebut.

Usai melakukan aksi dan menyampaikan tuntutannya dengan mendapatkan pengawalan petugas keamanan, masyarakat membubarkan diri dengan tertib. 

(SURYONO)

Artikel Terkait

Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami