Rapat Kerja Komisi I DPRD Kab. Samosir Dengan Dinas Kesehatan Dan Direktur RSUD dr. Adrianus Sinaga

Samosir, bidikkasusnews.com - Bertempat di ruang rapat kantor DPRD kabupaten Samosir. Hari ini Senin, 18-1-2021 berlangsung Rapat Kerja antara Komisi I DPRD Kab. Samosir dengan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Samosir, Direktur RSUD DR. Hadrianus Sinaga dan seluruh Kepala Puskesmas Se Kabupaten Samosir, rapat terkait Peningkatan Pelayanan Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan, baik yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah, Puskesmas dan Pustu, Posyandu.
Rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi I bpk. Saur Tua Silalahi berlangsung sejak pukul 10.00 Wib.

Ketua Komisi I DPRD Kab. Samosir menyampaikan bahwa banyak aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat terkait pelayanan kesehatan dan Fasilitasi Kesehatan, baik di Posyandu, Puskesmas dan Rumah Sakit yang belum optimal dilakukan, sehingga banyak masyarakat yang ingin berobat ataupun memeriksakan kesehatannya tidak terlayani dengan baik. 

"Sebagai contoh jam pemeriksaan yang sering tidak tepat waktu, dokter di puskesmas sering datang terlambat dan posyandu sering kosong. 
Harapan kami kedepan hal-hal ini perlu diperbaiki sehingga masyarakat terlayani dengan baik". 

Ditambahkan oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Samosir Bpk. Nasip Simbolon menyatakan : "bahwa masyarakat harus di edukasi, SOP dijalankan dgn benar, kalau bapak/ibu tidak mampu melaksanakan tugas dan melayani masyarakat silahkan mundur". 

Sekaitan yang disampaikan oleh DPRD, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Samosir dr. Nimpan Karo karo menyampaikan :  "beri saya waktu 30 hari, saya akan membina para petugas di Puskesmas, untuk jamnya dimulai Pukul 09.00 sampai jam 14.00 ini sudah sesuai dengan SOP Akreditas setiap Puskesmas, sedangkan untuk pelayanan kesehatan di Desa contohnyan persalinan tidak dimungkinkan lagi dilayani 1 bidan jadi kita memetakan kebutuhan pelayanan kesehatan di Setiap Desa. 
Kedepan Kami akan meningkatkan pelayanan di Puskesmas dan Fasilitas kesehatan lainnya". 

Penjelasan lain ditambahkan oleh Direktur RSUD Dr. Hadrianus Sinaga dr. Friska Situmorang bahwa pelayanan pendaftaran di RSUD dibuka dari Jam 08.00 s/d 13.00 dan pelayanan di Poly dimulai pukul 11.00 sampai dengan selesai semua pasiennya. 
Dimulainya pemeriksaan di jam 11.00 karena dokter itu juga harus memeriksa pasien di ruangan rawat inap, ada juga yg melakukan operasi dan yang lainnya.
Kita masih kekurangan tenaga kesehatan dokter spesialis dan kita sudah berusaha untuk memenuhinya dengan meminta residen ke Kementerian Kesehatan, dan untuk tahun 2020 ada 2 yang sifatnya kontrak. 

Menyikapi jawaban tersebut Bpk. Nasip Simbolon menyampaikan : "pelayanan Kesehatan harus di maksimalkan dan tanpa melihat siapa atau apa status pasien, semua harus dilayani, kesehatan itu jangan jadi ajang bisnis", tegas Wakil Ketua DPRD Kab. Samosir,  "Marilah kita layani masyarakat itu dengan hati nurani dan keikhlasan", Tambahnya. Kami sarankan agar tenaga Kesehatan juga di edukasi agar dapat sepemahaman tentang SOP Kesehatan, "layanilah manusia itu dengan manusiawi", Tegas Ketua Komisi I DPRD Kab. Samosir.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami