Tidak Ditemukan Unsur Pidana Akhirnya Pihak Polres Samosir Melepas Truk Masyarakat


Samosir, bidikkasusnews.com - Setelah sempat membawa sebuah mobil truk milik masyarakat ke Mako Polres Samosir akhirnya pihak Polres Samosir melepaskan mobil truk yang diketahui bermuatan getah pinus milik masyarakat yang adalah kelompok tani hutan (KTH), pada, Jumat (23/4/2021).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ada kita temukan unsur pidananya,” ujar Kanit Tipiter Iptu KF Lubis, Sabtu (24/4/2021). Senada juga disampaikan oleh Kasubag Humas Polres Samosir Iptu M Silalahi kepada wartawan.

“Sesuai dengan fakta fakta yang ditemukan bahwa getah Pinus yang telah diamankan sebelumnya adalah getah Pinus milik masyarakat Desa Salaon Dolok, Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir yang merupakan Anggota dari Kelompo Tani Hutan (KTH) yang sudah memiliki izin resmi dari kehutanan. Dan lokasi penyadapan getah Pinus tersebut berada di kawasan APL ataupun dilahan masyarakat,” sebutnya.


Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI nomor : P.78/MenLHK/ Setjen / Kum.1/10 /2019 tentang penatausahaan Hasil hutan bukan kayu (HHBK), dari kawasan hutan tanpa dokumen yang lengkap, maka dikenakan sanksi administrasi.

“Fakta yang kita temukan bahwasanya lokasi penyadapan getah Pinus tersebut berada di kawasan APL ataupun dilahan masyarakat maka getah Pinus yang diangkut oleh saudara Hermanto Simbolon dikembalikan kepada pemiliknya setelah memperlihatkan dokumen (izin) yang dimiliki. 

Pihak Polres mengembalikan dan meminta agar dilengkapi dokumen pengangkutan yang lengkap,” ujarnya.

Adapun kronologis kejadian, pada hari Kamis tanggal 22 April 2021 sekitar pukul 02.00 Wib, HS dan rekannya melihat 1 unit truk berisikan getah pinus. Dan kemudian menghentikan mobil truk tersebut dan mananyakan apakah ada dokumen dalam pengangkutan getah Pinus tersebut dan menanyakan identitas supir yang mana adalah Herman Simbolon, yang sedang mengangkut getah Pinus.
Akhirnya diketahui bahwa pihak polres mendapat laporan dari masyarakat dan segerah menuju ke lokasi.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami