Patung Menari "Sigale Gale" Salah Satu Objek Wisata Andalan Yang Ada Di Tomok Simanindo Kabupaten Samosir


Samosir, bidikkasusnews.com - Tiap daerah tujuan wisata mempromosikan daerah yang akan di kunjungi. Begitu juga dengan Kabupaten Samosir yan dikenal dengan sebutan "negeri indah kepingan surga.”

Kabupaten Samosir memiliki banyak daerah yang akan dikunjungi untuk berwisata. Salah satunya Tomok, yang berada di Kecamatan Simanindo.

Selain Makam Raja Sidabutar dan tempat membeli souvenir khas batak, wisatawan yang berkunjung akan dihibur Sigale Gale, patung menari dari Tanah Batak.

“Para tamu akan manortor (menari bersama) dengan patung Sigale Gale diringi musik gondang dan dipandu petugas kita ataupun para pemandu yang membawa tamunya," ucap Sontang Sidabutar pada awak media Minggu, 20-6-2021.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa cerita Sigale Gale, adalah kisah akan kesedihan Raja Rahat pada jaman dahulu. Karena anak semata wayangnya meninggal dunia, dan membuat Raja Rahat bersedih.

Namun berkat dukun (Tabib), dapat membuat patung yang menyerupai rupa anaknya dan memasukkan roh anaknya kedalam patung hingga patung dapat menari.

Raja Rahat adalah orang tua dari Simanggale, anak semata wayangnya, dalam adat batak, anak laki-laki ia akan meneruskan kekuasaan Raja dan menjadi penerus kelak.

Dimasa lalu, untuk memperluas kekuasaan akan dilakukan peperangan. Daerah yang akan diserang tentu akan mempertahankan wilayahnya. Disuatu saat ketika peperangan terjadi, anak Raja Rahat Simanggale tewas di medan perang.

Hal itu membuat Raja Rahat jatuh Sakit, karena anak tunggalnya sudah tiada.

“Namun berkat dukun (tabib) dimasa itu yang mempunyai ilmu duniawi, mereka dapat menyembuhkan Raja dengan membuat patung yang menyerupai anaknya serta memanggil roh Simanggale masuk kedalam patung guna dapat menari bersama Raja Rahat, " cerita Sontang Sidabutar secara singkat.

Kemudian setelah Raja sembuh dan merasa bahagia, Raja Rahat mengharapkan pada rakyatnya bahwa patung yang menyerupai anaknya itu diberi nama Sigale Gale, nantinya jika ada acara pesta agar mengikutkan patung tersebut menari.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami