TNI AL Pulangkan 5 Nelayan Indonesia yang Kapalnya Tenggelam

BELAWAN, bidikkasusnews.com - TNI AL bantu pulangkan 5 orang nelayan Indonesia yang terdampar di Pos Pengamat Pulau Jarak Malaysia, Minggu (4/7/2021).

Kelima nelayan terdampar tersebut akibat kapal motor yang mereka awaki dihantam angin puting beliung hingga tenggelam di
perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia tepatnya di Selat Malaka.

Nelayan dijemput KRI Kerambit - 627 dan langsung diserahkan kepada keluarga yang bersangkutan di Mako Lantamal I Belawan, Sabtu (3/7).

Berawal adanya Informasi dari Atase Angkatan Laut Malaysia bahwa pada tanggal 28 Juni 2021 telah terdampar yang diduga 5 orang ABK Kapal Ikan Indonesia di Pos Pengamat Pulau Jarak Malaysia. 

Setelah dilakukan penyidikan lebih lanjut oleh pihak APMM Malaysia didapat informasi bahwa 5 orang nelayan itu asal Deli Serdang Sumut Indonesia. 

Selanjutnya pihak KBRI dan ATAL Malaysia serta Koarmada I melakukan koordinasi dengan APMM dan 5 ABK kapal ikan Indonesia berada di APMM Perak dekat Pangkalan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) Lumut Malaysia dalam keadaan sehat dan diperiksa kondisi negatif Covid - 19.

Setelah dilaksanakan koordinasi bersama diputuskan untuk dilakukan pemulangan terhadap 5 ABK melalui jalur laut dengan cara ke 5 ABK diangkut menggunakan sarana dari APMM yaitu KM Tugau untuk selanjutnya diserahkan ke pihak Pemerintah Indonesia di perbatasan laut Malaysia - Indonesia Sabtu (3/7/Juli 2021) pukul 16.00 Local Time pada posisi RV : 04 12.12 Lintang Utara ; 099 28.89 Bujur Timur Barat Laut Pulau Jarak.

Dalam hal ini TNI Angkatan Laut melalui Panglima Koarmada I Laksamana Muda Abdul Rasyid K, S.E., M.M. menugaskan KRI Kerambit - 627 untuk menjemput dan menerima 5 orang nelayan Indonesia yang akan diserahkan APMM Malaysia di Perairan perbatasan Malaysia dan Indonesia  yang sudah disepakati bersama dititik koordinatnya.

Untuk menindaklanjuti perintah Panglima Koarmada I, Komandan KRI Kerambit - 627 berkoordinasi dengan APMM Malaysia, untuk bertemu di posisi titik RV. 04.12.' 12" Lintang Utara - 099.28'.89" Bujur Timur selat Malaka berjarak 51 NM dari Belawan disebelah timur laut Pulau Berhala. 

Setelah bertemu dengan APMM Malaysia dibuat berita acara penyerahan  5 orang ABK Kapal Ikan Indonesia kepada Komandan KRI Kerambit - 627 dan selanjutnya langsung berlayar menuju Belawan Mako Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono menyerahkan langsung 5 orang ABK Kapal Ikan Indonesia yang mengalami musibah kecelakaan laut ini kepada pihak keluarga yang bersangkutan bertempat di Dermaga Lantamal I Belawan dalam keadaan sehat 

Adapun 5 orang nelayan asal Sumatera Utara adalah sebagai berikut Dedy (36) Lubuk Pakam,  Kabupaten Deli  Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Shahjemi (18) Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Tawakkal (16) Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Faisal (35) Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Mohd Reza (14), Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Pihak keluarga saat bertemu kembali dengan 5 orang nelayan tersebut sangat senang dan terharu serta bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sambil berpelukan dan tidak lupa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang membantu membawa pulang keluarganya.

(Gito)

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami