Rumitnya Pengelolaan Sampah,Parkir dan Pedagang Di Agara


Kutacane, bidikkasusnews.com - Membludaknya sampah yang berada di sentra ekonomi tepatnya Pajak Pagi Kutacane Aceh Tenggara (Agara), mengakibatkan gerahnya masyarakat yang berbelanja di pajak tersebut.

Tampak sampah dibeberapa sudut pajak berserakan, menambah kesan pajak tersebut kurang penataan yang memadai.

Disamping itu diperparah lagi para pedagang menggelar dagangannya di ruas jalan untuk dijadikan lapak berjualan, yang berdampak makin menyempitnya ruas jalan, seharusnya sisi pinggir badan jalan bisa dijadikan lahan perpakiran untuk kenderaan roda dua,tiga maupun roda empat.

Agus Salim, Kabid Kebersihan dan Pertamanan,Rabu (4/8) ketika dimintai keterangannya mengenai banyaknya sampah yang berada dipajak pagi,menerangkan meningkatnya jumlah sampah diakibatkan terjadinya musim buah di Aceh Tenggara khususnya buah durian dan jenis buah-buahan lainnya, namun sampah yang menumpuk itu berangsur - angsur sudah kita bersihkan, sebutnya. Selanjutnya Agus mengatakan terjadinya penyempitan akses jalan dikarenakan banyaknya pedagang dan perpakiran yang meluber kebadan jalan berimbas lambatnya kelancaran alat transportasi untuk mengangkut sampah tersebut, sambungnya.

Terkait banyaknya pedagang yang berjualan diatas jalan, Sekretaris Dinas Perdagangan Aceh Tenggara Muliadi diruangannya, mengatakan melubernya pedagang ke badan jalan memang sedikit banyak memang mengganggu kelancaran pengangkutan sampah, namun menurut Muliadi itu bukan merupakan alasan  bagi dinas terkait untuk tidak  melakukan pembersihan sampah, " Kan bisa sampah-sampah tersebut diangkut dikala sore hari, disaat para pedagang mulai sepi," jelasnya.

Zahrul Kepala Dinas Perhubungan Agara, juga memberikan keterangan seputar semerawutnya lahan parkir di pajak pagi, menurutnya hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya pedagang yang menggunakan badan jalan untuk berjualan timpalnya, "kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak dinas terkait tentang keadaan dipajak pagi, mudah - mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada solusinya," imbuhnya.

(Noris Ellyfian)

Artikel Terkait

Aceh|Berita|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami