MEDIASI ANTARA WARGA DUSUN IVB SIMPANG DURIAN DAN DSN VII SINARTOBA DENGAN PT.SSL SUDAH 3 BULAN BELUM DI REALISASIKAN


Labura, Bidikkasusnews.com - Adanya dugaan Pencemaran Lingkungan melalui Limbah pabrik dan Boiler asap dan inisiator yang di lakukan oleh PT. SSL yang berlokasi di Desa Gunung Melayu, kecamatan Kualuh Selatan ,Kabupaten Labura,Sumut. Telah meresahkan bagi masyarakat.

Dari adanya dugaan pencemaran lingkungan yg di lakukan oleh PT. SSL tersebut membuat warga melakukan musyawarah untuk melaporkan masalah ini kepada salah satu LSM di Labura guna mendampingi mereka mengatasi permasalahan tersebut, dan salah satu LSM yang di Ketua i oleh Muhammad Yusup Harahap siap Mendampingi mereka menindak lanjuti permasalahan Yang mereka hadapi.

Lebih kurang tiga bulan yang lalu tepat nya, 29-6-2021 Masyarakat sekitar khusus nya Masyarakat Dusun IV B Simpang Durian dan Dusun VII Sinar Toba Desa Gunung Melayu mau melakukan aksi Demonstrasi bersama dengan Ketua LSM dan jajarannya.

Namun hal tersebut tidak jadi di lakukan karena ada nya titik temu antara Pihak PT. SSL dengan tokoh masyarakat untuk melakukan Mediasi. Yang di lakukan pada,27-6-2021.

Dalam pertemuan mediasi tersebut sesuai dengan keterangan tokoh masyarakat dan Ketua LSM  di hadiri oleh : Hariman, S.Pd.( Camat  Na IX-X) yang juga merupakan tokoh masyarakat Desa Gunung Melayu, W.Sihimbing, Efendi Rajagukguk. ( Sebagai perwakilan Masyarakat Dusun IV Simpang Durian dan Dusun VII Sinar Toba ), Adlin,( Kanit 3 Intel Polres Labuhanbatu ),Novri suhada Daulay (KTU PT. SSL),Riyan (Humas PT. SSL), Muhammad Yusup Harahap dan rekan (Pihak LSM).

Hasil Mediasi dalam pertemuan tersebut di sepakati untuk melakukan beberapa hal oleh PT. SSL yaitu : Perbaikan Boiler Asap dan inisiator, Memperbaiki Irigasi limbah, Agar perusahaan memperhatikan Putra daerah dalam ketenaga kerjaan, Pelepasan Benih Ikan di sungai, Penyaluran CSR.

Namun sangat di sayangkan, hingga saat ini PT. SSL bersikap sepertinya tidak mau peduli dengan hasil Mediasi ini ungkap salah seorang tokoh masyarakat yang tidak mau di sebutkan namanya saat di konfirmasi ,Selasa 14-9-2021. "Sudah hampir  tiga bulan tidak ada tanggapan PT. SSL semua hasil Mediasi itu ibarat angin Lalu bagi mereka", Cetus nya.

Ketika Hal ini kembali di pertanyakan Pada Ketua LSM Muhammad Yusup Harahap," Kita sudah Surati Ketua DPRD Labura, tapi sampai saat ini juga belum ada tanggapan secepat nya kita juga akan layangkan surat ke Polda Sumut terkait masalah ini", ujar nya.

(Ridho Taufik)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami